Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 28 Agustus 2017 | 23:00 WIB
  • Bocah 15 Tahun Tergila-gila dengan Apple

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Afra Augesti
Bocah 15 Tahun Tergila-gila dengan Apple
Photo :
  • REUTERS/Lucy Nicholson
apple - iphone - macbook - ipad

VIVA.co.id – Seorang remaja asal Manhattan, New York, Amerika Serikat, tergila-gila dengan produk Apple. Remaja pria bernama Sam Henri (15) ini, rela menghabiskan waktunya selama berbulan-bulan untuk mengarsipkan lebih dari 810 video tentang Apple.

Henri, yang juga gemar membuat konten YouTube ini, amat menyukai barang-barang buatan Apple Inc. Bahkan, produk-produk lawas yang diproduksi 26 tahun yang lalu, saat kali pertamanya Apple diciptakan pun digandrunginya. 

Dengan alasan ingin melestarikannya, Henri lalu mulai mengumpulkan video iklan, acara menarik, pelatihan aneh dan peluncuran Apple yang dimulai sejak tahun 1980.

"Saya telah menggunakan produk dan layanan Apple sejak lama, saya tak ingat," kata Henri, yang juga seorang pembuat video tentang tren teknologi untuk 5.000 lebih pelanggannya, seperti dikutio dari laman Motherboard, Senin 28 Agustus 2017.

Awal mula ketertarikannya sejak bulan April 2017, dirinya melihat sebuah unggahan di situs web berita dan hiburan, Reddit, yang mengulas tentang saluran YouTube berjudul "Every Apple Video". 

Sayang, video ini sudah dihapus oleh YouTube. Agar konten tersebut tetap hidup dan mudah diakses, ia mulai mengunggah arsipnya sendiri dari archive.org, YouTube, versi arsip dari situs web Apple sendiri, dan kontribusi dari Redditors lainnya.

Henri lalu mempublikasikan seluruh temuannya tersebut ke YouTube dengan anama baru, yaitu "Every Video", yang kemudian diganti namanya menjadi "The Unofficial Apple Archive”. 

Setelah pengunggahan video tersebut dilakukan, baik Apple maupun YouTube segera menanggapi permintaan Motherboard untuk memberikan komentar.

YouTube menghapus saluran baru itu satu minggu kemudian, dengan alasan adanya pelanggaran berat atas kebijakan YouTube terhadap spam, praktik tipu-tipu, dan pelanggaran konten yang menyesatkan, atau pelanggaran yang menyangkut persyaratan lainnya. 

Hal ini mungkin disebabkan oleh hak cipta yang dimiliki Apple, namun ada saluran serupa lainnya, yang juga berisi konten Apple, tetap ditampilkan.

Tiga hari yang lalu, Henri mengirimkan sebuah pesan bantuan ke Apple Subreddit. Dalam pesannya, ia menulis bahwa ia kebingungan dengan video berbobot nyaris 80 gigabyte yang diarsipkannya itu, terlebih setelah YouTube menghapusnya.

Beberapa pengguna di situs tersbut mengarahkannya ke datahoarder subreddit dan Henri mulai mentransfer file miliknya ke berbagai redditor, yang salah satunya mengubah file itu menjadi file torrent agar bisa diunduh. 

Sedangkan Redditor lain bernama Archivist, mengambil alih kepemilikan file dari server mereka dan membuat video tersebut tersedia untuk semua orang.

Sebagian besar konten terdiri dari spot sederhana dari iklan Apple dan ceramah WWDC, meski beberapa di antaranya adalah bajakan. Henri mengatakan, ia melakukan semua ini untuk melestarikan sejarah dan evolusi sebuah perusahaan yang memengaruhinya secara mendalam.

"Apple berperan besar dalam hidupku. Aku pernah mendapatkan iPod nano generasi pertama di ulang tahun keenamku, membuat iMovie pertama, dan pulang sekolah lebih awal demi bisa menonton keynote iPad 2. Apple bukan hanya sekedar perusahaan, Apple adalah 'titik kritis' untuk generasi saya, dan mengarsipkannya, rasanya seperti sebuah tanggung jawab," ungkap Henri.