Teknologi Nirkabel Bawah Air Diciptakan untuk Spionase

Ilustrasi drone berada di air.
Sumber :
  • Universitas Indonesia

VIVA.co.id – Angkatan Laut Amerika Serikat berhasil menciptakan pesawat nirawak bawah laut (UUV/Drone) yang menggunakan teknologi nirkabel untuk melakukan operasi pengisian daya di bawah air.

Gila, Biden Siap Sunat Duit Militer Amerika Demi Kirim Senjata ke Ukraina

Head of Advanced Integrated Circuits and Sensors Branch Naval Warfare Systems Command (SPAWAR), Alex Phipps, mengatakan, drone tersebut akan dibagi menjadi dua kategori.

Yakni, kendaraan bawah laut yang dioperasikan oleh operator atau manusia dari jarak jauh (ROVs), dan kendaraan bawah laut otonom (AUVs), yang beroperasi secara independen yang dioperasikan langsung operator.

Salah Sasaran, Kapal Perang Jerman Berondong Drone Mata-mata Amerika

"Kedua jenis drone ini banyak digunakan untuk misi angkatan laut, dan akan terus memainkan peran besar dalam strategi dan operasi militer di masa depan," kata Alex, seperti dikutip Sputniknews, Selasa, 29 Agustus 2017.

Alex sendiri mendemonstrasikan teknologi teranyarnya ini dengan menggunakan ponsel, yang dilindungi oleh kantong plastik di bawah air dengan menggunakan teknologi baru.

Pasukan Khusus 3 Negara Barat Terlibat Perang Rusia-Ukraina

"Yang ingin Kami lakukan adalah menciptakan standar yang bisa kami berikan untuk industri. Saya memandang bahwa memiliki UUV yang dapat melakukan perjalanan jauh bisa juga untuk mengumpulkan data intelijen (spionase) dari pelabuhan dan pangkalan militer di dunia," ungkap Alex.

Namun demikian, meskipun sebagian besar sistem ini mampu menjalankan misi tanpa bantuan manusia, tapi ada keterbatasan dalam jumlah kekuatan yang akan dicapai, terutama pada otonomi sistem secara keseluruhan.

VIVA Militer: Laksamana John Aquilino

Jiper, Komandan Armada Perang Amerika Anggap China Lebih Ganas dari Nazi

Dengan kekuatan perangnya, China mampu mengubah tatanan dunia.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024