Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 31 Agustus 2017 | 20:47 WIB
  • Alexa 'Kawin' dengan Cortana, Begini Jadinya

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Afra Augesti
Alexa 'Kawin' dengan Cortana, Begini Jadinya
Photo :
  • www.blog.microsoft.com
Ilustrasi Alexa dan Cortana

VIVA.co.id – Dua perusahaan raksasa dunia digital, Amazon dan Microsoft, sepakat mengawinkan asisten personal berbasis suara mereka masing-masing, Alexa dan Cortana. Integrasi ini memungkinkan pengguna mengakses Alexa dengan memerintahkan ke Cortana dan sebaliknya.

Dilansir dari Ars Technica, Kamis, 31 Agustus 2017, integrasi lintas platform ini juga memungkinkan pengguna Alexa mendapatkan akses ke beberapa aspek Cortana yang lebih unik. Kedua perusahaan hanya menciptakan keahlian masing-masing platform lain untuk memungkinkan basis integrasi.

Langkah yang diambil kedua perusahaan terkemuka itu terbilang mengejutkan. Sebab, keputusan ini juga hadir saat Microsoft siap merilis pelantang suara berbasis Cortana, Harman Kardon, serta mendorong asisten digitalnya tersemat ke dalam mobil, thermostat, dan perangkat lainnya.

Kolaborasi ini mungkin bakal terlihat canggung di awal-awal. Contohnya, seorang pengguna perangkat Alexa harus mengatakan, ‘Alexa, buka Cortana’ untuk mendapatkan akses ke asisten digital Microsoft. Sementara pengguna Cortana harus mengatakan ‘Cortana, buka Alexa’ untuk mendapatkan akses serupa. 

Sebagaimana diketahui, Microsoft telah membangun asisten digital untuk mengakses produk Office dan kini Alexa akan mendapatkan akses tersebut melalui integrasi Cortana. Sementara Microsoft masih membujuk pengembangnya untuk menciptakan kemampuan Cortana, pengguna Cortana akan dapat memanggil Alexa untuk mendapatkan akses fungsi yang belum dimiliki Cortana.

Amazon, Microsoft, Apple, dan Google diketahui memiliki asisten digital yang saling bersaing. Tetapi, kemitraan Amazon dan Microsoft justru menjadi pertanda, dengan mengawinkan kedua layanan mereka bisa menjadi lebih baik.

Microsoft dan Amazon bermitra pada Mei tahun lalu, setelah Chief Executive Officer (CEO) Amazon, Jeff Bezos, mengemukakan gagasan tersebut dengan CEO Microsoft, Satya Nadella, dalam Microsoft CEO Summit. Motivasi Amazon untuk bermitra lebih erat dengan Microsoft terbilang masuk akal, karena keduanya sama-sama mencoba untuk menangkis asisten Google. Selain itu, Microsoft juga telah membantu permintaan pencarian Alexa melalui mesin pencarinya yakni Bing.

Sementara Microsoft dan Amazon telah membentuk kemitraan yang lebih dekat, di sisi lain Bezos juga menyambut baik Apple dan Google untuk menawarkan integrasi serupa dan mengatakan bahwa ia akan mendukungnya. (mus)