Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 7 September 2017 | 17:57 WIB
  • 2017, Konten Jadi Raja Iklan Digital Asia Tenggara

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama
2017, Konten Jadi Raja Iklan Digital Asia Tenggara
Photo :
  • Viva.co.id/Amal Nur Ngazis
Ilustrasi konten digital.

VIVA.co.id – Laporan eMarketer dan IAB Singapore memprediksi pengeluaran untuk iklan digital di Asia Tenggara meningkat 20,4 persen tahun ini. Di antara banyak jenis iklan digital, konten diyakini akan tetap menjadi 'raja' dalam pasar iklan digital di Asia.

Walaupun pertumbuhannya besar, laporan eMarketer itu menemukan jika Return of Investment (ROI) di iklan digital semakin mengecil karena perusahaan yang ada sekarang relatif lambat berinovasi.

Di sinilah kemudian konten berkualitas tinggi dibutuhkan untuk disesuaikan dengan pasar lokal.

"Brand yang sedang menembus pasar Asia Tenggara membutuhkan konten berkualitas tinggi yang sesuai pasar lokal namun mereka belum tahu cara yang tepat untuk membuat dan mendistribusikan konten itu," ujar Enricko Lukman, Chief Operating Officer Content Collision, di Jakarta, Kamis, 7 September 2017.

Namun, lanjut dia, di satu sisi, masih belum banyak pihak yang memberikan pelayanan penuh terhadap ekosistem blogger dan kreator konten Indonesia. Ia juga mengatakan, Content Collision merupakan penyedia konten berbasis teknologi.

Perusahaan ini bisa menjadi sarana untuk siapa saja yang ingin memanfaatkan kekuatan dari konten-konten terbaik, bisa dalam jumlah kecil maupun besar.

Enricko mengklaim memiliki tools bernama C2live yang berfungsi untuk menciptakan portfolio secara gratis bagi para kreator konten.

Metode baru

Selain itu menjadikan mesin untuk brand dan penerbit (publishers) yang berkeinginan untuk menyelenggarakan lomba blog dan mengomunikasikan pesan brand mereka melalui blog-blog yang cukup berpengaruh.

"C2live masih berusia belia tapi memiliki kurang dari 10 ribu pengguna," katanya. Yang terbaru, C2live membantu dua brand, SkyScanner dan EVHive, mengadakan lomba blog berbasis data.

Menurut dia, lomba blog bisa dijadikan metode baru untuk menyebarkan pesan dalam bentuk konten yang mendalam.

Berkat kebebasan menulis dalam blog, para peserta bisa dengan leluasa mencurahkan tulisan mereka dalam format yang kreatif, seperti memasukkan infografis dan juga video di dalam artikel.

Hal ini mampu memperkaya pengalaman membaca dan memberikan pemahaman yang lebih kuat seputar nilai unik brand kepada target pasarnya.

"Lomba blog juga merupakan metode efektif untuk membangun backlink di internet, yang akan memperkuat nilai SEO brand," ungkap Enricko.

Ia menambahkan, beberapa tantangan yang brand alami saat mengadakan lomba blog mencakup proses mempromosikan ke komunitas blogger, menyeleksi serta menilai artikel satu per satu. C2live dilengkapi dengan fitur khusus untuk menyelesaikan masalah tersebut.