Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 11 September 2017 | 17:25 WIB
  • Order Konsumen Dibawa Kabur Gojek, Ini Penjelasan Bukalapak

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Mitra Angelia
Order Konsumen Dibawa Kabur Gojek, Ini Penjelasan Bukalapak
Photo :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia
Kantor Bukalapak.com di Jakarta

VIVA.co.id – Marketplace Bukalapak sudah menindaklanjuti keluhan konsumen yang membeli barang di platform mereka. Pengguna tersebut bernama Rudi Lie Jaya bertransaksi pada 9 September dan tidak lama setelah pembayaran, muncul notifikasi pengiriman barang. Tapi barang tersebut tidak kunjung sampai di tangannya.

Rudi menggunakan jasa Gosend di platform Gojek untuk pengiriman barang tersebut.

Menanggapi keluhan tersebut, Bukalapak menyatakan, memang benar Rudi bertransaksi di Bukalapak. Public Relations Manager Bukalapak, Evi Andarini menyatakan, kasus yang dialami Rudi sudah dituntaskan oleh Bukalapak.

"Perihal keluhan yang dialami oleh Bapak Rudi, kami sudah melakukan konfirmasi secara langsung kepada Bapak Rudi perihal laporan barang yang hilang dalam proses pengiriman Gosend, kami sampaikan saat ini transaksi tersebut sudah kami lakukan refund ke limit Kredivo Bapak Rudi. Terkait dengan driver barang yang hilang tersebut masih dalam tahap investigasi dari Gojek, terkait kinerja mitra driver tersebut," jelas Evi dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Senin 11 September 2017.

Evi menegaskan, untuk memberikan kenyamanan transaksi kepada pengguna, Bukalapak akan selalu bekerja sama dengan para pelapak dan pembeli.

"Kami percaya bahwa transparansi penting untuk memastikan kepercayaan konsumen kami di Bukalapak," kata Evi.

Keluhan Rudi bermula usai bertransaksi di Bukalapak pada 9 September dengan nomor transaksi 170499446102 dan nomor tagihan BL17114LCO2IINV. Status transaksi itu telah dibayar pada 9 September 2017, pukul 11:23 WIB.

Rudi menggunakan jasa pengiriman Gosend Instant, dengan nomor resi GK-36793532 (random). Kemudian dia mendapatkan notifikasi jika pesanan telah dikirim pada Sabtu, 9 September 2017, pukul 11:58 WIB.

Kemudian status 9 September 2017 pukul 13:12, pesanan telah dikirimkan dengan notifikasi Laba Pilar Prabawa; +6282208283188. Namun, tidak tertera nama penerima di alamat Rudi, yaitu di Sawah Besar, Jakarta. Padahal, kata Rudi, alamat pengirimannya adalah ruko, yang mana semua orang bisa dan bebas masuk kapan pun sampai di depan ruko. 

Kemudian, Rudi menghubungi penjual, yaitu Exa.phone dan meminta nomor telepon pengemudi Gojek tersebut. Saat dihubungi, pengemudi Gojek yang dimaksud sudah tidak bisa tersambung di nomor XL dan Simpati sejak Sabtu, jam 13:12 WIB.  Rudi akhirnya menyampaikan keluhan kepada Bukalapak dan Gojek.