Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 11 September 2017 | 19:47 WIB
  • Internet of Things Rawan Dibobol, Ini Tips Cegahnya

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Afra Augesti
Internet of Things Rawan Dibobol, Ini Tips Cegahnya
Photo :
  • www.pixabay.com/jeferrb
Ilustrasi Internet of Things

VIVA.co.id – Penyedia software keamanan internet dan data, Symantec membeberkan solusi sederhana untuk melindungi perangkat Internet of Things, atau IoT. Sebagaimana diketahui, IoT mampu mengubah seluruh industri, serta menciptakan manfaat dan risiko yang luar biasa.

Chief Technology Officer Symantec, Matthias Yeo mengatakan, Symantec membantu melindungi lebih dari satu miliar perangkat IoT, mulai dari televisi pintar hingga ke infrastruktur penting. Perusahaan yang bermarkas di Mountain View, California, Amerika Serikat ini membantu melindungi dan mengelola perangkat dan komunikasi secara aman, memberikan analisis untuk mendeteksi ancaman dan serangan tersembunyi terhadap sistem IoT.

"Kita punya sistem namanya Embedded Critical System Protection. Ini adalah cara bagaimana Symantec mengamankan perangkat dengan sistem operasi tertanam. Symantec Embedded Security ini memberikan proteksi kritis untuk melindungi sistem operasi terdepan, termasuk sistem operasi Linux, QNX, dan Windows Embedded," paparnya di Jakarta, Senin 11 September 2017.

Yeo menuturkan, solusi perlindungan tersebut sudah meluas diterapkan di lintas bidang. Awalnya, solusi tersebut diterapkan pada bidang yang memang rawan dengan pembobolan keamanan.

"Dimulai dengan teknologi inti, sebelumnya kami telah melindungi server keuangan penting selama bertahun-tahun. Sekarang, kami memperluas teknologi ini untuk melindungi otomotif, Industrial Control Systems (ICS), peralatan manufaktur, ATM, Point of Sale (POS), dan perangkat medis," katanya.

Tips

Di samping semua solusi tersebut, ia juga menyampaikan bagaimana memastikan perangkat IoT yang aman digunakan. Karena IoT banyak jenisnya, Yeo tidak mengkhususkan secara rinci, akan tetapi lebih ke umum. Untuk memastikan IoT tetap aman, menurutnya harus mengautentikasi perangkat IoT dan mengenkripsi data yang dikirimkan ke seluruh sistem dan jaringan IoT.

"Bangun keamanan ke sistem dan produk IoT Anda, sehingga aman untuk desain. Autentifikasi mutual yang tepat dapat membantu memastikan bahwa perangkat hanya menerima koneksi dan perintah dari sistem yang berwenang, menghindari perangkap hacker yang menggunakan kontrol perangkat yang tidak sah, seperti yang ada pada kendaraan, peralatan medis, peralatan industri, dan infrastruktur kota cerdas," ucapnya.