Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 12 September 2017 | 12:14 WIB
  • Penelusuran Suara di Google Bisa Pakai Bahasa Jawa dan Sunda

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Mitra Angelia
Penelusuran Suara di Google Bisa Pakai Bahasa Jawa dan Sunda
Photo :
  • www.pixabay.com/422737
Ilustrasi pencarian Google.

VIVA.co.id – Kini pencarian Google menggunakan teknologi penelusuran suara sudah tersedia dalam Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda. Selain pencarian, kedua bahasa itu juga bisa dipakai ketika menggunakan Google App, aplikasi Google Translate serta aplikasi keyboard pintar Gboard di Android. 

Technical Program Manager, Speech and Keyboard Team Google, Daan van Esch mengatakan, hadirnya Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda pada aplikasi Google atas kerja sama dengan beberapa universitas lokal seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Sanata Dharma, dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Daan mengatakan, angka pertumbuhan penggunaan penelusuran suara di Indonesia terus melesat cepat, 50 persen lebih tinggi di atas angka pertumbuhan global. Hal inilah yang memacu Google untuk mengembangkan teknologi masukan suara dalam bahasa daerah untuk bisa menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia. 

“Agar internet semakin inklusif dan berguna bagi banyak orang, hambatan bahasa perlu diatasi,” kata Daan dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Selasa 12 September 2017.

Daan berpesan, untuk pengguna agar memastikan telah mengganti sistem pengaturan suara (voice) ke dalam bahasa Jawa atau Sunda. 

Pencarian bahas Sunda di Google

Pencarian bahasa Sunda di Google

Pakai Machine Learning

Untuk menerapkan variasi bahasa baru, Google bekerja sama dengan penutur asli untuk mengumpulkan contoh percakapan, dan meminta mereka membaca frasa yang umum digunakan. Proses ini melatih model machine learning Google untuk memahami suara dan kata dalam bahasa baru serta meningkatkan akurasinya saat menangkap lebih banyak contoh suara dan kata dari waktu ke waktu.

Pencarian bahasa Jawa di Google

Pencarian bahasa Jawa di Google

Dengan semakin banyaknya penutur bahasa asli yang menggunakan produk ini, teknologi masukan suara untuk masing-masing bahasa ini pun akan terus menjadi semakin baik.

Penelusuran dalam bahasa Jawa merupakan salah satu penelusuran terpopuler di Google, seperti ‘lagu dolanan anak’ atau ‘bal-balan dino iki’ sebagai kata kunci yang paling sering dicari oleh warganet di Pulau Jawa. (mus)