Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 18 September 2017 | 21:09 WIB
  • YouTube Pop-Up Space, Wadah Kreativitas YouTuber Indonesia

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Afra Augesti
YouTube Pop-Up Space, Wadah Kreativitas YouTuber Indonesia
Photo :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto
Managing Director Google Indonesia Tony Kuesgen.

VIVA.co.id – Setelah pertama kali menyambangi Indonesia pada September 2016 dan Maret 2017, YouTube Pop-Up Space kembali hadir untuk ketiga kalinya di Indonesia.

Kali ini, ruang kreatif kontemporer untuk para kreator lokal itu dibuka selama satu pekan dari 18-24 September 2017. Ajang ini merupakan kelanjutan dari perhelatan YouTube Pop-Up Space sebelumnya yang hanya digelar selama tiga hari.

Managing Director Google Indonesia, Tony Keusgen menyampaikan, YouTube Space pada dasarnya merupakan wahana edukasi, interaksi, dan berkreasi bagi para YouTuber Tanah Air.

Semua fasilitas yang disediakan, mulai dari studio hingga peralat berupa kamera dan lighting, disediakan gratis oleh YouTube.

Segala pendukung tersebut diupayakan demi menunjang kebutuhan para YouTuber lokal. Pada pembukaan YouTube Pop-Up Space ketiga ini, Tony menyebut bahwa jumlah YouTuber Indonesia yang tembus satu juta subscriber meningkat empat kali lipat selama setahun.

"Kami membantu mereka lebih sukses melalui kegiatan ini. Tidak hanya kreator, tapi juga bidang musik dan broadcasting. Bayu Skak contohnya, dia adalah kreator pertama dari luar Jakarta yang dapat satu juta subscriber," katanya di Jakarta, Senin, 18 September 2017.

Memang, Tony melanjutkan, YouTube Pop-Up Space kali ini lebih menonjolkan pada konten musik dan broadcasting. Selama sepekan acara tersebut, akan ada 15 kreator yang saling berkolaborasi.

Fathia Izzati, Eclat Story, dan Eka Gustiwana, adalah sederet nama yang dipersiapakn untuk berlatih dan berkolaborasi menghadapi ajang YouTube FanFest Indonesia.

Ada juga Tim2One dan penyanyi Sheryl Sheinafia juga akan berkolaborasi untuk pertama kalonya di YouTube Pop-Up Space. Selain itu, para kreator konten dengan pelanggan di atas 1.000 juga bisa datang dan berbagi pengalaman dari para ahli tentang mengembangkan channel mereka.

Tak hanya itu, sisi bisnis pun bisa juga digali. Sebelum ke Jakarta, Pop-up Space semacam ini sudah lebih dulu hadir di dua kota Asia lainnya, yakni Bangkok dan Seoul.

Di Jakarta sendiri, Pop-Up Space sebelumnya digelar di Bintaro Permai dan Rumah Maroko. Secara total, sudah lebih dari 1.000 kreator lokal yang memanfaatkan YouTube Space Jakarta.