Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 20 September 2017 | 11:30 WIB
  • Syarat YouTuber Indonesia Bisa Mendunia

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Syarat YouTuber Indonesia Bisa Mendunia
Photo :
  • Facebook/CreativeJunkies
Pendiri OMG Creative Consulting, Yoris Sebastian

VIVA.co.id – YouTuber Indonesia yang meraih Golden Play Button terus lahir. YouTuber dengan jumlah pelanggan menembus 1 juta itu menunjukkan adanya ikatan kuat antara kreator dan penonton YouTube di Indonesia.  

Pegiat ekonomi kreatif, Yoris Sebastian, mengaku senang dengan makin banyaknya kreator konten asal Indonesia. Dia berpandangan jumlah penonton yang tembus 1 juta dari YouTuber Indonesia dan keterlibatan kuat antara YouTuber dengan pengikutnya, menunjukkan faktor pembeda kreasi konten video di Indonesia. 

Yoris meyakini, suksesnya YouTuber pemegang Golden Play Button bisa menggerakkan inspirasi agar orang lain menekuni ekonomi kreatif. 

"Banyak follower membuka bisnis ekonomi kreatif. Modal pengguna mobile yang luar biasa gede tentunya jadi modal utama,"  ujar Yoris kepada VIVA.co.id, Rabu 20 September 2017. 

Pendiri OMG Creative Consulting itu menuturkan, dalam hal jumlah pelanggan atau penggemar di video YouTube rendah, bukan menjadi masalah. Masih ada peluang untuk menumbuhkan jumlah pelanggan, asalkan YouTuber bisa benar-benar memupuk konten dan penggemar dari bawah. 

Era digital saat ini menurutnya memudahkan warganet untuk bisa berkreasi dalam ekonomi kreatif. Modalnya juga yang penting aktif di media sosial. 

"Sekarang mau jualan produk industri kreatif cukup di sosial media untuk awalnya. Lalu pelan-pelan berkembang bisa pakai digital agency," ujarnya. 

Yoris berpandangan, YouTuber Indonesia bisa tumbuh mendunia dengan kreasi kontennya. Tapi sebelum fokus ke konten yang mendunia, sebaiknya YouTuber Indonesia menggarap pasar di dalam negeri yang masih sangat lebar. 

"Saat ini sih sebaiknya fokus ke market Indonesia saja yang gede dulu, dan menurut saya Indonesian content creator kan memang cukup beda," katanya. 

Kalau YouTuber Indonesia ingin mendunia dan masuk ke pasar regional, Yoris menyarankan mulai saat ini mereka harus mulai berani membuat hal berbeda dan terobosan. 

"Misalnya kolaborasi dengan content creator luar negeri juga," paparnya. 

Saat ini sudah ada beberapa YouTuber dari Indonesia dengan jumlah penggemar lebih dari satu juta, mereka mengantongi Golden Play Button. 

Di antaranya Raditya Dika, penulis dan artis yang juga memanfaatkan medium YouTube untuk mencurahkan ide-idenya (2,7 juta penggemar). Kemudian ada nama Edho Zhell (1,5 juta penggemar) dengan video kocak-kocaknya. Beragam nama lain menyusul menjadi YouTuber terkenal di antaranya SkinnyIndonesian24 yang merupakan nama akun kakak beradik Andovi dan Jovial da Lopez (1,04 juta penggemar), Tim2One (1,3 juta penggemar), Gen Halilintar (1,3 penggemar), Ria Ricis (1,4 juta penggemar) dan Bayu Moekito alias Bayu Skak (1,2 juta penggemar).