Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 20 September 2017 | 13:51 WIB
  • Jam Kiamat Tersisa 2 Menit

  • Oleh
    • Siti Sarifah Alia
Jam Kiamat Tersisa 2 Menit
Photo :
  • RT
Jam kiamat yang diberlakukan ilmuwan Bulletin of the Atomic Scientists

VIVA.co.id – Jam kiamat yang berfungsi sebagai alarm kehancuran dunia telah dimajukan lagi. Kali ini, jam tersebut telah masuk ke angka dua menit sebelum kedua jarum bertemu di angka 12.

Ilmuwan yang tergabung dalam Bulletin of Atomic Scientist (BAS), salah satu organisasi penjaga jam kiamat mengatakan, perang nuklir sudah tampak nyata di depan mata. Ini merupakan tanda-tanda adanya bahaya di masa depan.

"Ketegangan antara Korea Utara dan tetangganya semakin tinggi. Bahkan ditambah dengan perseteruan terhadap Donald Trump. Hal ini telah memajukan jam kiamat menjadi dua menit ke arah jam 12 malam," ujar pihak BAS dalam laporan analisa yang dibuatnya tahun ini, seperti dikutip dari Mirror.co.uk, Rabu 20 September 2017.

BAS sejatinya telah mengeluarkan banyak analisa tahunan sejak 1947.  Analisa itu berisi ancaman terhadap kelangsungan hidup manusia. Jika didapati tahun ini terjadi ancaman yang cukup signifikan, kenaikannya pun bisa sampai satu atau dua menit. Analisa BAS sangat tergantung pada kejadian di dunia dan sumber yang berpotensi menghasilkan kiamat.

"Kemungkinan terjadinya kiamat dunia sangat tinggi tahun ini. Dibutuhkan aksi yang nyata untuk bisa mengurangi risiko berbahaya. Ini harus segera diambil tindakan," kata ilmuwan BAS.

Jam kiamat dibentuk pada 1945 oleh para ilmuwan dan ahli, khususnya untuk mencegah peristiwa bom Hiroshima terjadi lagi. Para ilmuwan telah memberikan analisanya yang mendalam setiap tahun. Evaluasi di 2017 dianggap paling buruk yang pernah ada sejak 1953. (mus)