Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 4 Oktober 2017 | 16:24 WIB
  • Di Negeri Ini, Facebook Dipakai untuk Cari Darah

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Di Negeri Ini, Facebook Dipakai untuk Cari Darah
Photo :
  • REUTERS/Thomas White
Media sosial Facebook.

VIVA.co.id – Facebook makin mengembangkan fungsinya. Bukan hanya sebagai jejaring sosial untuk saling berdiskusi dan menyapa antarpengguna di seluruh dunia, medium besutan Mark Zuckerberg itu kini berfungsi untuk mencari darah. 

Di India, Facebok telah mengenalkan fitur baru untuk cepat menemukan darah bagi pasien yang membutuhkan. 

Dikutip dari The Verge, Rabu 4 Oktober 2017, fitur baru itu hadir untuk menjadi solusi masalah pencarian donor darah di Negeri Hindustan tersebut. Pasien dan keluarganya di India, kadang mencari donor darah melalui media sosial, harapannya dengan cepat bisa menemukan pendonor. 

Dalam merancang fitur khusus pencarian darah itu, Facebook mengaku menggandeng organisasi non profit, pakar industri kesehatan, pendonor potensial dan mereka yang berpengalaman menggunakan Facebook untuk mencari donor darah. 

"Dengan meningkatnya kesadaran dan pertumbuhan jumlah pendonor darah di India, kami ingin memudahkan orang dan organisasi untuk memberi dan menerima darah," tulis Kepala Program Facebook Asia Selatan, Hema Budaraju dalam pernyataannya.

Fitur ini akan membantu menghubungkan pendonor, pasien dan rumah sakit dengan mudah. Pada fitur ini terdapat opsi pencarian donor terdekat sesuai dengan lokasi pasien, sehingga pasien bisa dengan cepat meminta bantuan pendonor. 

Sebagai langkah perkenalan fitur ini, Facebook mulai menyebarkan pesan di News Feed dengan tujuan mengetuk solidaritas pengguna untuk mendaftar sebagai pendonor darah. Facebook menjamin, informasi dana diri pendonor akan dijaga dan privat. 

Sebagai tahapan awal, fitur ini dirilis pada Facebook pada medium Android dan mobile. Hal ini menyesuaikan popularitas Facebook pada medium tersebut. 

Fitur lainnya yang akan disertakan dalam gerakan mencari darah ini yakni postingan khusus yang menginformasikan kebutuhan donor darah. Jadi, seorang, atau klinik membutuhkan darah, mereka bisa memosting khusus dengan menginformasikan di mana darah dibutuhkan, kontak informasi yang bsia dihubungi dan jenis golongan darah sampai kondisi pasien. 

Kemudian, begitu postingan tersebut diunggah, pengguna internet di lingkungan terdekat dan pendonor bisa mengirimkan notifikasi melalui Messenger, WhatsApp, atau panggilan telepon, untuk segera menawarkan donor darah.