Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 7 Oktober 2017 | 06:05 WIB
  • Pemuda Desa Ini Sunting Gadis Cantik Gara-gara YouTube

  • Oleh
    • Dedy Priatmojo,
    • Nur Faishal (Surabaya)
Pemuda Desa Ini Sunting Gadis Cantik Gara-gara YouTube
Photo :
  • VIVA/Nur Faishal
Gamelawan dan istrinya, Sani, di YouTube Fanfest Showcase Surabaya, Jawa Timur

VIVA.co.id – Kholis Kurniawan bisa dibilang kreator muda YouTube paling beruntung. Bukan hanya finansial, gara-gara karyanya disukai jutaan pengunjung aplikasi YouTube, pria bernama beken Gamelawan di dunia maya itu mampu mencuri hati gadis cantik bernama Sani. Keduanya kini jadi pengantin baru.

Gamelawan dikenal karena karya musiknya yang khas, musik modern dipadu musik tradisional Jawa, gamelan. Liriknya juga bahasa Jawa. Lagu-lagunya kebanyakan mengaransemen ulang lagu-lagu hits dunia, seperti See You Again-nya Wiz Khalifa dan Despocito-nya Luis Finso.

Karena mengusung tema Jawa, lagu-lagu hits dunia itu diaransemen ulang jadi versi Jawa. Pada karya Gamelawan, judul lagu See You Again diubahnya jadi Nelongso. Adapun Despocito jadi Wis Gak Ngitung. Dua lagu itu berhasil meraih lebih dari satu juta penonton.

Bahkan, untuk Despocito-Wis Gak Ngitung, baru satu bulan terunggah sudah ditonton  oleh 1,3 juta viewer.

"Sampai sekarang sudah ada 13 lagu. Yang paling sedikit viewernya lagu karya saya sendiri," kata pria asal Paciran, Kabupaten Lamongan, itu di sela YouTube Fanfest Showcase di Ciputra World Mall Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat, 6 Oktober 2017.

Berkat YouTube pula Gamelawan mendapatkan pasangan hidup, Sani. "Kami baru dua minggu menikah. Ya, hitungannya masih pengantin baru," kata Sani. Sejak menikah, dia selalu mendampingi Gamelawan beraktivitas. Di acara Fanfest, Sani sibuk merekam suaminya kala berbicara maupun saat sesi waawancara.

Sebetulnya, Sani sudah mengenal Gamelawan sejak 2010 lalu. Kala itu, dia mahasiswi di Unisda Lamongan, semetara Gamelawan kuliah di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. "Waktu itu di kampus saya ada kegiatan, dia hadir," ujar Sani.

Acara selesai, usai pula komunikasi keduanya. Hingga akhirnya pada 2016, Sani yang  juga senang berselancar di dunia maya tak sengaja menonton lemparan video karya Gamelawan di YouTube. "Lo, itu kok Mas yang saya kenal? Lalu saya nyambung lagi lewat Facebook," terang wanita cantik berkacamata itu.

Pertemuan kedua kalinya itu rupanya menjadi jalan jodoh bagi Gamelawan dan Sani. Setelah direstui keluarga, keduanya lalu menikah setahun kemudian. "Saya tinggalkan profesi jadi guru, sekarang di rumah saja bantu-bantu suami," ujar Sani.

Kini, Gamelawan jadi kreator muda terkenal di dunia maya. Dia satu di antara beberapa kreator daerah yang diundang naik panggung di YouTube Fanfest Showcase Surabaya selama tiga hari, dari Jumat sampai Minggu, 6-8 Oktober 2017. Dia manggung bersama kreator terkenal lainnya, seperti Bayu Skak dan Ria Ricis.