Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 10 Oktober 2017 | 15:46 WIB
  • Samsung Dorong Inovasi Teknologi Berbasis Aplikasi Lokal

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama
Samsung Dorong Inovasi Teknologi Berbasis Aplikasi Lokal
Photo :
  • Dok. Samsung
Kang Hyun Lee (CAVP Samsung Indonesia/berbatik) dan Menkominfo Rudiantara.

VIVA.co.id – Perusahaan teknologi Samsung Electronics Indonesia mengumumkan 16 pemenang Indonesia Next Apps 4.0 (INA 4.0) yang berhasil menjawab tantangan dari empat kategori yaitu Samsung SDK (Software Development Kit), Gear VR, Tizen untuk smartphone, dan
Tizen untuk wearable.

Menurut Kang Hyun Lee selaku Corporate Affairs Vice President Samsung Electronics Indonesia, INA merupakan kompetisi nasional
tahunan yang diselenggarakan oleh Samsung untuk meningkatkan inovasi dalam pemanfaatan teknologi melalui pembuatan aplikasi
lokal.

Tujuannya untuk merangkul dan mewadahi para developer aplikasi di Indonesia agar dapat menjadi sumber daya industri teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang mumpuni dan bermanfaat untuk kebutuhan pasar dan industri lokal.

“Indonesia Next Apps 4.0 adalah salah satu wujud komitmen kami dalam meningkatkan kompetensi anak muda Indonesia dalam membuat lokal konten atau aplikasi yang bermanfaat untuk kehidupan masyarakat dan industri Indonesia," kata Hyun Lee, Selasa, 10 Oktober 2017.

Dengan periode kompetisi yang dibuka sejak 25 Juli-18 September 2017, INA 4.0 berhasil menarik keikutsertaan lebih dari 1.600 developer dari seluruh Indonesia.

“Dari 1.600 developer yang telah mengirimkan proposal yang menjelaskan aplikasinya, tersaring 20 finalis yang diuji oleh para juri. Kami berharap kemenangan ini menjadi motivasi mereka untuk terus menyempurnakan ilmu dan karyanya," paparnya.

Pada INA keempat ini, Samsung mengajak partner dari berbagai industri, yaitu BRI, Sinarmas Land, Jakarta Smart City, dan Angkasa Pura II.

Samsung, Hyun Lee, juga mengajak empat partner yang merupakan bagian dari industri yang menghadapi tantangan teknologi untuk mengembangkan produk dan jasanya, serta memaksimalkan interaksi dengan stakeholder.

Kolaborasi yang dilakukan dengan keempat partner ini dalam rangka mengakomodasi kebutuhan industri dalam menyerap developer dari dalam negeri yang berkapasitas global yang tidak hanya memahami tren, namun juga memberikan solusi.