Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 11 Oktober 2017 | 17:43 WIB
  • Pelantikan Anies-Sandi, Ada Virtual Reality di 12 Lokasi

  • Oleh
    • Lis Yuliawati,
    • Shintaloka Pradita Sicca
Pelantikan Anies-Sandi, Ada Virtual Reality di 12 Lokasi
Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

VIVA.co.id – Acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI terpilih Anies Baswedan-Sandiaga Uno akan didukung dengan virtual reality atau realitas maya di 15 titik di Jakarta. Penayangan acara pelantikan tersebut didukung dengan tiga kamera trisixti full screen

Dari 15 titik tersebut, ada tiga titik di Balai Kota DKI Jakarta untuk meletakkan kamera tersebut disertai layar virtual. Tiga lokasi tersebut yaitu di ruang rapat paripurna DPRD, Balai Agung, dan di Blok G Balai Kota DKI Jakarta. Sementara 12 titik lainnya akan disebar di beberapa titik di Jakarta. 

"Akan disiarkan 12 titik lain agar warga bisa melihat sepanjang kegiatan pelantikan di Balai Kota. Warga akan merasa ada di lokasi acara tapi memang tidak bisa menyaksikan secara detail karena tidak melakukan zoom in atau zoom out," ujar Ketua Tim Pakar Smart City Anies-Sandi, Arief Mufti di kawasan Tirtayasa Jakarta Selatan, Rabu, 11 Oktober 2017.

Di 12 titik tersebut, warga disediakan satu virtual corner yang terdapat satu unit goglasses, headset, beserta devicenya. Sejumlah 12 titik tersebut dipilih berdasarkan kemudahan akses dan jaringan. Namun, saat ini belum ditentukan titik yang akan difasilitasi.

Jika wilayahnya tidak turut menjadi lokasi yang difasilitasi, warga bisa menyaksikan lewat website dan aplikasi yang telah disediakan tim Anies-Sandi. Aplikasi itu dapat diunduh di app store masing-masing. Fasilitas ini bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Sebenarnya ada dua cara. Bisa akses web dan apps. Apps dan web di smarteyes.id. Nanti disiarkan live dari situ sampai prosesi selesai. Sudah bisa diakses sekarang," ujar Founder Smarteyes Edwin Pirwandesi. (ase)