VIDEO: Begini Bedanya Fidget Spinner Berputar di Antariksa

Astronaut di ISS memainkan fodget spinner
Sumber :
  • Twitter/@AstroKomrade

VIVA.co.id – Pada saat demam mainan fidget spinner beberapa bulan lalu, ada yang penasaran bagaimana mainan tersebut berjalan saat dimainkan di antariksa. 

VIDEO: Lupakan Fidget Spinner, Mainan Anyar Ini Bisa Berputar 27 Jam

Menjawab rasa penasaran tersebut, astronaut Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Randy Bresnik, bersama astronaut lainnya memamerkan bagaimana fidget spinner berputar di Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Memang berbeda dengan di daratan bumi, fidget spinner tersebut bisa melayang di stasiun sambil terus berputar. Sedangkan untuk putarannya, terlihat terus berputar lama tanpa menunjukkan tanda-tanda melambat. Saat memainkan fidget spinner, astronaut bergaya dengan memutarnya sambil bersalto melayang di ISS.

Wujud 'Fidget Spinner' Berusia 4000 Tahun dari Irak Kuno

Dalam keterangan di video rekamannya, Bresnik menjelaskan fidget spinner terlihat sangat berbeda saat dimainkan di ISS. 

"Lingkungan ISS memungkinkan fidget spinner mengambang. mengurangi gesekan pada bantalan yang membuat laju pusat cincin dan bagian luar spinner sama kedudukannya. Keseluruhannya berputar sebagai satu unit," tulis Bresnik. 

Sepuluh Fidget Spinner Termahal di Dunia

Sebelumnya pada Juni lalu, jubir NASA, Dan Huot menjelaskan bagaimana fidget spinner berputar di antariksa. Kala itu, jubir itu menjelaskan fidget spinner akan berputar sangat mirip dengan yang terjadi di Bumi. Fidget spinner akan bisa berputar dan berhenti berputar karena kondisi lingkungan ISS. (Baca di sini). 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya