Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 18 Oktober 2017 | 08:50 WIB
  • Pabrik Kapal BPPT Sering dapat Proyek Internasional

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Mitra Angelia
Pabrik Kapal BPPT Sering dapat Proyek Internasional
Photo :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia
Proses awal pembuatan kapal BTH-BPPT.

VIVA – Ternyata, tidak hanya lembaga dan perusahaan swasta yang mempercayakan pengujian dan pembuatan model kapal kepada Balai Teknologi Hidrodinamika, Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BTH-BPPT).

Orderan, bahkan masuk dari perusahaan internasional. "Seingat saya, terakhir menerima proyek internasional tahun 2012 dari Chevron Indonesia," ujar Kepala BTH, Taufiq Arif Setyanto Kepada VIVA.co.id, di Surabaya, Jawa Timur, Selasa 17 Oktober 2017.

Selain Chevron, Taufiq menyebut juga pernah menerima proyek dari Impact dan Daewoo. Ia bercerita sejak lima tahun belakangan, BTH sudah mulai mengurangi kontrak untuk pengujian dan pembuatan model kapal. 

Sebab, fasilitas yang ada sekarang sudah mulai tidak mumpuni untuk mengakurasi pengujian. Akan teapi, perbaikan terus dilakukan dan diharapkan tahun depan fasilitas sudah optimal kembali.

Ia juga menjelaskan bagaimana proses proyek yang diterima dari perusahaan galangan. Untuk bisnis dari perusahaan swasta, desain diajukan oleh galangan atau konsultan desain.

Maket kapal buatan BTH.

Maket kapal buatan BTH-BPPT (VIVA.co.id/Mitra Angelia).

Kemudian, desain tersebut diajukan di BTH untuk dibuatkan model untuk dilakukan pengujian. Lalu, hasil uji yang bagus diajukan dan langsung dibuatkan kapal oleh mereka.

"Setiap seri pengujian dan pembuatan model kapalnya akan mengacu PP tarif yang ada," tuturnya. Sementara itu, kalau orderan dari lembaga pemerintahan, anggaran berasal dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) BPPT Pusat.

Di sini, BTH berperan dari pembuatan desain, pengujian dan pembuatan model. Tentunya sebelum diuji, model desain harus lebih dahulu disetujui oleh pengguna, misalnya Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan atau Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Seperti diketahui, pendapatan bruto BTH dari pengujian dan pembuatan model kapal pada 2016 mencapai Rp8,2 miliar. BTH sendiri diinisiasi oleh BJ Habibie pada 1978, namun baru diresmikan pada 1995 oleh Presiden Soeharto.