Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 18 Oktober 2017 | 15:23 WIB
  • Asyik Jelajahi Merkurius sampai Pluto di Google Maps

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Asyik Jelajahi Merkurius sampai Pluto di Google Maps
Photo :
  • Google Maps
Peta permukaan Mars di Google Maps

VIVA – Google merilis peta planet dan satelit tetangga Bumi. Kini pengguna internet bisa menjelajahi lingkungan luar Bumi cukup berada di depan layar komputer.

Mereka bisa mudah mengakses versi terbaru Google Maps dan mengeksplorasi permukaan planet luar Bumi yaitu Merkurius, Venus, Mars, dan Pluto.

Pengguna Google Maps juga bisa menikmati secara lebih dekat permukaan dari satelit planet tetangga Bumi, di antaranya Ceres, Io, Europa, Ganymede, Mimas, Enceladus, Dione, Rhe, Titan, dan Lapetus. Pengguna aplikasi peta Google juga bisa menjelajahi interior Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

"Kini Anda bisa mengunjungi tempat tersebut di Google Maps cukup di depan komputer. Agar lebih menyenangkan, cobalah zoom out dari Bumi dan Anda berada di antariksa," ujar Product Manager Google, Stafford Marquardt dalam blog perusahaan, dikutip Rabu 18 Oktober 2017. 

Tapi, memang peta planet satelit tetangga Bumi belum sesempurna peta Google Maps untuk daratan Bumi. Pengguna Twitter masih menemukan ada beberapa penamaan titik di Bulan dan planet luar Bumi yang kurang tepat, misalnya penamaan kawah dan medan objek luar Bumi tersebut.  Namun demikian, pengguna internet bisa memutar planet dan bulan serta kemudian mengeksplorasi permukaan dengan foto detail, tanpa pecah gambarnya.

Peta permukaan bulan di Google Maps

Permukaan Bulan di Google Maps

Hadirnya peta luar Bumi di Google Maps itu memang berkat pencitraan yang diambil oleh wahana antariksa NASA, Cassini. Wahana itu telah diluncurkan NASA pada 22 tahun lalu dan menjelajahi antariksa untuk sampai ke Planet Saturnus, hingga dimatikan di sana. 

Selama menjalani misi tersebut, Cassini telah merekam dan mengirimkan setidaknya setengah juta foto ke Bumi. 

"Ini memungkinkan ilmuwan untuk merekonstruksi dunia yang jauh itu dalam rinci yang tak pernah ada sebelumnya," tutur Marquardt. 

Google mengucapkan terima kasih atas kontribusi beberapa pihak atas hadirnya fitur baru Google Maps tersebut. 

Marquardt mengatakan, perekayasa astronomis Bjorn Jonsson turut berkontribusi merakit peta planet Europa, Ganymede, Rhe, dan Mimas. Untuk pasokan gambar dalam peta, juga berasal dari pencitraan satelit NASA dan Badan Antariksa Eropa. 

Untuk bisa menikmati lebih detail peta luar angkasa di Google Maps, bisa kunjungi tautan ini.

Peta permukaan Europa di Google Maps

Permukaan bulan Jupiter, Europa di Google Maps