Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 18 Oktober 2017 | 15:34 WIB
  • Segera, WhatsApp Bisa Berbagi Lokasi Real Time

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Segera, WhatsApp Bisa Berbagi Lokasi Real Time
Photo :
  • www.pixabay.com/Arivera
Logo aplikasi WhatsApp.

VIVA – WhatsApp mengumumkan fitur terbarunya. Aplikasi pesan instan milik Facebook itu menghadirkan fitur Lokasi Terkini, untuk membantu pengguna berbagi lokasi mereka secara real time selama periode tertentu. 

WhatsApp mengatakan, fitur Lokasi Terkini, bisa membantu pengguna maupun teman pengguna memantau posisi kala ingin bertemu. Fitur ini juga bermanfaat untuk menginformasikan kepada orang tersayang, bahwa kondisi Anda aman. Fitur Lokasi Terkini juga memungkinkan pengguna berbagi perjalanan kepada teman kontak pengguna. 

"Lokasi Terkini merupakan cara yang sederhana dan aman untuk memberitahukan orang-orang di mana Anda sedang berada," tulis WhatsApp dikutip dari blog perusahaan, Rabu, 18 Oktober 2017. 

Untuk keamanan jangan khawatir. WhatsApp memastikan fitur berbagi lokasi real time ini terenkripsi secara end to end, sehingga pengguna bisa mengendalikan berapa lama dan dengan siapa saja bisa membagikan Lokasi Terkini. 

"Anda dapat berhenti membagikan kapan saja atau membiarkan waktu mundur Lokasi Terkini berakhir dengan sendirinya," tulis WhatsApp. 

Cara kerja fitur

Untuk menikmati dan menjelajahi fitur Lokasi Terkini, pengguna cukup membuka chat dengan seseorang atau grup yang ingin berbagi Lokasi Terkini pengguna. Nantinya pada bagian 'Lokasi; di tombol lampirkan, ada opsi baru untuk 'Bagikan Lokasi Terkini'. 

Pilih beberapa teman Anda yang ingin bagikan lokasi lalu ketuk 'kirim'. 

"Setiap orang di dalam chat akan dapat melihat lokasi real time Anda di peta. Dan jika lebih dari satu orang membagikan Lokasi Terkini mereka di dalam grup, semua lokasi akan ditampilkan di peta yang sama," tulis WhatsApp. 

WhatsApp mengatakan, fitur Lokasi Terkini tersedia pada Android dan iPhone dan akan dirilis di dalam aplikasi selama beberapa pekan ke depan. (ase)