Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 20 Oktober 2017 | 17:15 WIB
  • Makin Mudah, Jelajahi Planet Mars Bisa di Smartphone

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Makin Mudah, Jelajahi Planet Mars Bisa di Smartphone
Photo :
  • www.nasa.gov
Permukaan Mars dalam peta Access Mars

VIVA – Menjelajahi Planet Mars kini makin mudah. Cukup di depan komputer, pengguna internet bisa menelusuri permukaan Planet Merah dengan gambar detail. 

Kemudahan ini berkat kerja sama antara Jet Propulsion Laboratory (JPL) Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan Google. Keduanya membuat peta nuansa 360 derajat permukaan Mars. Dengan demikian pengguna internet bisa menelusuri Planet Merah di dekstop, perangkat mobile sampai perangkat virtual reality (VR) atau augmented reality (AR). Peta permukaan Planet Merah juga bisa disaksikan pada perangkat virtual reality berbasis mobile pada perangkat Android maupun Apple. 

Peta ini bisa dihadirkan dengan pasokan foto dan citra permukaan Mars yang diambil oleh wahana robot penjelajah NASA, Curiosify, yang sudah mendarat di Planet Mars sejak 2012. 

Dalam peta Access Mars, pengguna internet bisa 'napak tilas' titik pendaratan Curiosity, dan titik lainnya misalnya Murray Buttest, Marias Pass sampai Pahrump Hills.

"Kami telah mampu memanfaatkan teknologi VR dan AR untuk ilmuwan kami ke Mars tiap harinya. Dengan Access Mars, tiap orang di dunia bisa menyusuri Mars," ujar Pimpinan Manajer Proyek Ops Lab JPL NASA, Victor Luo dikutip dari situs NASA, Jumat 20 Oktober 2017. 

Access Mars diciptakan menggunakan data yang dikumpulkan JPL dan dibuat dalam standar open source, WebVR. Kontribusi dari tim Creative Labs Google membuat peta permukaan Mars makin terlihat bagus. 

Untuk melihat permukaan Mars bisa dilihat pada tautan ini.

Pada tampilan Access Mars, terdapat tiga fitur Learn, Move dan Travel. Learn untuk melihat profil misi Curiosity, kemudian Move akan memungkinkan pengguna bisa menjelajahi sari satu titik ke titik dengan mengklik medan permukaan Mars. Sedangkan Travel menjelajahi permukaan Mars dengan cara yang berbeda misalnya mengklik peta.