Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 22 Oktober 2017 | 16:35 WIB
  • Bidik Gamer Indonesia, Playkey Tawarkan Cloud Blockchain

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama
Bidik Gamer Indonesia, Playkey Tawarkan Cloud Blockchain
Photo :
  • Dok. Playkey
Playkey.

VIVA – Playkey meluncurkan platform cloud berbasis blockchain yang membuat siapa saja bisa bermain game papan atas secara tak terbatas dari seluruh dunia tanpa pengunduhan atau instal.

Menurut CEO Playkey, Egor Gurjev, perusahaan penyedia hardware, Zeus Miner, akan dapat berkontribusi dalam daya komputnya (computing power) dengan berperan sebagai penyedia jasa cloud.

"Penyedia jasa ini akan dibayar dalam kurs kriptik (cryptocurrency) melalui PKT (Playkey Token). PKT akan tersedia melalui acara umum pemberian diskon token pada tanggal 1 November 2017," kata Egor, dalam keterangannya, Minggu, 22 Oktober 2017.

Ia melanjutkan, saat ini 70 persen dari pemain Steam (distributor game online) tidak dapat bermain game AAA seperti Grand Theft Auto V dengan resolusi tinggi.

Sedangkan, 30 persen bahkan tidak dapat membuka game-game seperti ini di dalam komputer pribadi (PC/console) lama mereka. “Misi kami adalah menggabungkan secara pelan-pelan teknologi cloud dengan blockchain,” tuturnya.

Seiring dengan perkembangan industri gaming yang pindah ke cloud, hal ini mengikuti tren yang sebelumnya pernah terjadi pada industri video, musik, dan industri lainnya.

Dengan tidak memerlukan pembelian serta perawatan hardware dan server, bermain game melalui cloud bisa 10 kali lebih murah dibanding melalui PC atau console.

Egor juga menjelaskan keuntungan apabila bergabung dengan Playkey. Pertama, penyedia hardware mempunyai peluang untuk mengoptimaslisasikan potensi daya komputnya secara lebih efisien dan risiko yang lebih rendah.

Kedua, pemain game dapat memilih server untuk bermain game agar kecepatan memuat gamenya tidak terhambat. Apabila bergabung di grup Telegram mereka. "Silakan klik https://t.me/playkey_io, agar pengguna bisa berdiskusi dengan pemain game lain," papar dia.

Ketiga, pengembang dan penerbit game dapat memperluas jenis klien yang dapat dilakukan pendekatan.

Oleh karena itulah, Playkey datang ke Indonesia, selain ingin menawarkan tiga keuntungan, juga karena populasinya nomor empat terbesar di dunia.

Egor berharap bisa mengajak para peminat game dan penyedia hardware untuk bergabung dan membantu mengembangkan teknologi blockchain. "Ini memudahkan kedua belah pihak untuk mencapai tujuan untuk para pemain game, yakni bermain game dengan lancar dan lebih murah. Sedangkan, bagi para penyedia hardware adalah pendapatan ICO (Initial Coin Offering) yang berguna bagi usaha mereka." (mus)