Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 24 Oktober 2017 | 13:31 WIB
  • Kekayaan Mark Zuckerberg Setara Setengah APBN RI

  • Oleh
    • Siti Sarifah Alia
Kekayaan Mark Zuckerberg Setara Setengah APBN RI
Photo :
  • Reuters/Beck Diefenbach
Mark Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan.

VIVA – Masih berusia 33 tahun, namun Mark Zuckerberg telah masuk menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Bersama dengan sang Istri, Priscilla Chan, kekayaan Zuckerberg diketahui lebih Rp1.000 triliun.

Pria yang tidak lulus kuliah itu menduduki posisi lima besar Orang Terkaya di Dunia versi Billioner Index Bloomberg. Kekayaannya senilai US$74 miliar atau sekitar Rp1.000 triliun, hampir setengah besaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara RI yang sebesar Rp2.000 triliun. Demikian dilansir dari Business Insider.

Meski menjadi orang terkaya namun kehidupan sehari-hari Zuckerberg bersama istri dan dua anaknya dijalani secara sederhana. Bisa dilihat, dari penampilan Zuck yang kerap menggunakan kaus berwarna abu-abu, seolah tak pernah ganti. 

Namun, dikabarkan Business Insider, kaus dan hoodie abu-abu yang menjadi ciri khasnya itu didesain oleh merek fesyen ternama. Harganya pun lebih mahal ketimbang kaus biasa, sekitar ratusan sampai ribuan dolar.

Harta 'murahan' lainnya yang dimiliki Zuck adalah kendaraan. Dia tidak membeli mobil mewah. Kendaraan sehari-harinya adalah Acura TSX, Volkswagen hatchback dan Honda Fit. Semua itu memiliki total nilai US$30.000.

Meski terlihat hidup sederhana, Zuck ternyata lebih suka berinvestasi di real estate. Pada 2011, dia mulai membeli rumah dengan luas 5.000 meter per segi, yang sekarang dimodifikasi dengan asisten berbasis kecerdasan buatan, di Palo Alto dengan nilai US$7 juta. Tahun berikutnya, dia membeli empat rumah di sekitarnya untuk memperluas rumah sebelumnya, seharga US$30 juta.

Dia juga punya townhouse di San Fransisco seluas 5.500 meter per segi. Ada juga properti di kepulauan yang dimilikinya, pulau Kauai. Selain ada rumah dan vila, pulau itu juga memiliki pantai pribadi bernama Pila'a, juga perkebunan Kahu'aina.

Meski tak berfoya-foya, namun Zuck dan keluarga juga sering berwisata ke luar negeri. Untuk biaya jalan-jalan dan keamanan selama di tempat wisata, kabarnya dibayarkan oleh Facebook. Dalam detail yang ada di laporan tahun 2015 yang beredar, biaya transportasi, keamanan dan akomodasi Zuck saat berwisata mencapai US$5 juta.

Yang sempat heboh beberapa waktu lalu, Zuck dan istri mendedikasikan semua kekayaannya untuk kepentingan amal. Selain mendirikan Chan Zuckerberg Initiative, pasutri itu juga tergabung dalam yayasan Giving Pledge yang merupakan inisiatif Bill Gates, bersama dengan puluhan milyuner lainnya di Amerika.

Kekayaan Zuck dimulai sejak ia menemukan Facebook dan berhasil menggaet lebih dari satu miliar pengguna. Lalu pada 2012, Facebook melakukan IPO di New York Stock Exchange. Itu merupakan IPO terbesar dalam sejarah industri teknologi. Sejak saat itu, Zuck memiliki tambahan kekayaan sampai US$9 miliar. (ase)