Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 30 Oktober 2017 | 11:40 WIB
  • CEO UBS: Saya Suka Teknologi Blockchain

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama
CEO UBS: Saya Suka Teknologi Blockchain
Photo :
  • Gizmodo
Bitcoin, salah satu dari Cryptocurrency, yang memanfaatkan Blockchain.

VIVA – Kepala Eksekutif UBS Sergio Ermotti mengatakan, Cryptocurrency adalah teknologi canggih dan memainkan peran besar dalam mengubah layanan di industri jasa keuangan dunia.

"Industri perbankan telah melihat kesuksesan platform Blockchain Trade Finance. Saya yakin dengan masa depan teknologi Blockchain, karena akan memainkan peranan besar dalam mengubah dan membentuk kembali industri keuangan global," kata Ermotti, dikutip CNBC, Senin, 30 Oktober 2017.

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang menggunakan teknik enkripsi untuk meregulasi setiap unit mata uang baru dan memverifikasi setiap pengiriman dana yang terjadi. Mata uang digital ini beroperasi secara independen tanpa campur tangan bank sentral.

Sedangkan, Blockchain, di mata Ermotti, memungkinkan database disimpan di jaringan komputer di seluruh dunia daripada di satu lokasi tunggal, yaitu bank sentral.

Perusahaan pemberi pinjaman keuangan asal Swiss ini telah terlibat dalam proyek Blockchain - yang disebut Batavia - dengan IBM dan bank lain seperti Commerzbank dan Bank of Montreal.

"Strategi kami sangat sederhana. Kami mencoba untuk memulai dan mendapatkan banyak klien dari lembaga keuangan dan nonkeuangan ke dalam tim seperti trade finance. IBM adalah contoh yang sukses," kata Ermotti.

Ia menambahkan bahwa teknologi Cryptocurrency akan membentuk ekosistem yang memungkinkan lembaga keuangan untuk 'beroperasi dan bertransaksi pada tingkat yang lebih murah dan lebih efisien'. (mus)