Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 31 Oktober 2017 | 15:20 WIB
  • Bisa Hapus Pesan Salah Kirim Tapi Whatsapp Tak Jamin

  • Oleh
    • Siti Sarifah Alia
Bisa Hapus Pesan Salah Kirim Tapi Whatsapp Tak Jamin
Photo :
  • REUTERS/Dado Ruvic
WhatsApp.

VIVA – Saking banyaknya grup dan kontak di Whatsapp, kerap membuat kita tidak bisa menghindari pesan terkirim 'salah kamar'. Seharusnya ditujukan untuk si A, malah terkirim ke si B. Apalagi jika pesannya berisi 'gosip' tentang si B.

WhatsApp rupanya menyadari hal ini. Makanya mereka mengeluarkan fitur baru yang memungkinkan pengguna menghapus pesan salah kirim. Dengan demikian, pengguna akan terhindari dari rasa malu.

Di Indonesia, beberapa pengguna WhatsApp sudah bisa melakukan retraksi pesan yang dikirim tanpa sengaja. Selama ini pesan yang dihapus hanya hilang di ponsel kita saja tetapi orang lain yang mendapat pesan itu masih bisa menyimpan pesan tersebut.

Saat pesan dihapus oleh pengirim, si penerima akan melihat 'jejak' yang ditinggalkan pesan tersebut. Pesan yang dihapus diganti dengan 'This message was deleted'.

Untuk bisa menggunakan fitur 'penyelamat' ini, pengguna harus melakukan pembaharuan pada aplikasi Whatsapp yang mereka miliki di smartphone.

Aplikasi pesan instant milik Facebook ini memang telah mengujicobakan fitur ini sejak lama, bahkan sepanjang tahun. Minggu depan, Whatsapp berjanji akan membuat semua penggunanya bisa merasakan fitur ini.

Untuk bisa menghapus pesan yang salah kirim tidak bisa sembarangan. Hanya bisa menghapus pesan yang telah dikirim lebih dari tujuh menit lalu, baik ke individu maupun di grup.

Pilih pesan yang ingin dihapus, lalu tekan agak lama. Kemudian akan muncul menu Delete. Pilih 'Delete for Everyone' agar penerima tidak lagi bisa melihat pesan ini.

Dalam artikel yang ditulis Whatsapp Support, selain harus menggunakan aplikasi versi terbaru, Whatsapp tak menjamin pesan tersebut tak sempat dibaca si pengirim. Artinya, kemungkinan pesan itu sudah terbaca oleh si pengirim sebelum kita berniat menghapusnya. Selain itu, Whatsapp juga memberi catatan bahwa ada kalanya penghapusan pesan tidak berhasil dan masih bisa dilihat oleh si pengirim. Untuk urusan yang satu ini, Whatsapp tidak akan memberikan pemberitahuan, apakah pesan itu telah benar-benar hilang atau masih ada di smartphone pengirim. (mus)