Tahap Blokir SIM Card Jika Tak Registrasi Ulang, Wajib Baca

Ilustrasi kartu perdana Simpati
Sumber :
  • kaskus.co.id

VIVA – Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kominfo, Ahmad Ramli mengatakan, bagi pelanggan yang belum melakukan registrasi ulang hingga 28 Februari 2018, maka akan dilakukan pemblokiran. Namun pemblokiran ini akan dilakukan secara bertahap.

Investasi di Indonesia, Menperin Ingatkan Apple harus Penuhi Aturan TKDN

Pemblokiran ini bertujuan agar pelanggan secepatnya melakukan registrasi. "Blokir bertahap pasca 28 Februari. Tenggat waktu sampai tanggal 28 April. Kalau masih belum daftar juga maka akan diblokir total," kata Ramli di Gedung Kominfo, Jakarta, Rabu, 1 November 2017.

Ia juga menjelaskan tahapan-tahapan pemblokiran. Tiga puluh hari pertama tidak melakukan registrasi, maka yang diblokir adalah layanan outgoing. Artinya, pelanggan tidak akan bisa melakukan panggilan keluar, baik telepon maupun SMS. 

Ribuan Personel Tim Serpo Siaga Demi Kelancaran Akses Jaringan Telekomunikasi Selama Libur Lebaran

"Kemudian, 15 hari tetap tidak registrasi maka incoming call (panggilan masuk) dan SMS diblokir," jelas Ramli.

Untuk tahap ini paket internet masih akan aktif. Lalu, tahap terakhir, 15 hari lagi masih membandel dan tidak registrasi, maka blokir total pada 28 April 2018.

Starlink Datang, Telkomsat Tak Gentar

"Jadi ini bertahap. Mengenai kesiapan server, dukcapil sudah siap. Bahkan, kuota akses pun akan ditingkatkan," paparnya.

Selain itu, apabila pelanggan gagal registrasi maka silakan datang ke gerai atau mengontak call center masing-masing operator telekomunikasi.

Ilustrasi pengadilan.

Pembangkangan Terhadap UU Telekomunikasi, Pengusaha Ilegal Ini Diancam Hukuman Pidana

Agar menghindari adanya penindakan hukum yang dilakukan Kemenkominfo hingga aparat kepolisian, Agung menghimbau supaya pelaku usaha ilegal RT RW Net menghentikan usahanya

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024