Sistem E-Government Akan Diterapkan 1 Maret 2018

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA – Kementerian Komunikasi dan Informatika saat ini, tengah membuat sistem e-government untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Kementerian PANRB Perkuat Kolaborasi dengan Korea Selatan untuk Pacu Implementasi SPBE

Menkominfo Rudiantara mengatakan, nantinya sistem itu akan berada dalam naungan Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara.

"E-government itu tentang pelayanan yang mengikat antara pemerintah dengan pemerintah, pemerintah dengan pengusaha, pemerintah dengan masyarakat. Ini semaunya menemukan cara baru melakukan reformasi birokrasi," kata dia di Jakarta, Selasa 7 November 2017.

Erick Thohir Want SOEs Ministry To Be First To Implement E-Government

Berdasarkan Instruksi Presiden No. 91 Tahun 2017 sistem tersebut akan diujicoba pada 1 Januari 2018, dan harus sudah bisa digunakan secara menyeluruh pada 1 Maret tahun yang sama.

"Perpres (Peraturan Presiden) e-government belum. Inpres (Instruksi Presiden) sudah jalan," paparnya. Ia berharap, dengan adanya sistem e-government dapat memudahkan semua pihak dalam urusan perizinan.

Gelombang PHK Startup Unicorn dan Decacorn, Ini Nasihat Eks Menkominfo

"Bayangkan kemudahan-kemudahan nantinya. Bahkan, kalau bisa nanti sebagian besar (perizinan) dari smartphone. Mudah-mudahan bisa terkejar (Maret 2018)," tuturnya.

Ilustrasi digitalisasi.

Indonesia Seeks e-government Development Cooperation with UK

The governments of Indonesia and the United Kingdom (UK) are seeking to enhance digitalization cooperation for the development of technical capabilities for e-government.

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2024