Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 14 November 2017 | 14:50 WIB
  • Bitcoin Dituding sebagai Pasar untuk Penjahat

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama
Bitcoin Dituding sebagai Pasar untuk Penjahat
Photo :
  • www.pixabay.com/MichaelWuensch
Bitcoin dan mata uang lainnya dibangun di atas teknologi bernama Blockchain.

VIVA – Mata uang digital Bitcoin dituding sebagai pasarnya para penjahat. Hal ini diungkapkan pakar komoditas Dennis Gartman.

Menurutnya, Bitcoin adalah hal yang tidak masuk diakal dan dirinya tidak mundur untuk terus mengkritisi. "Ini adalah pasar yang tidak ada nilainya sama sekali," kata Gartman, seperti dikutip CNBC, Selasa 14 November 2017.

"Bagaimana Anda bisa membeli atau menjual lukisan dengan menggunakan Bitcoin. Kapan perubahan volatilitasnya 20, 30, atau 40 persen dalam seminggu? Ini omong kosong," lanjut dia.

Sebelumnya, Badan Narkotika Amerika Serikat (Drug Enforcement Administration/DEA) dalam laporan terbarunya mengklaim bahwa mata uang digital, Bitcoin, dipakai untuk memfasilitasi skema perdagangan berbasis pencucian uang (trade-based money laundering/TBML).

Kendati demikian, laporan DEA ini tidak menyebut angka spesifik dari hasil cuci uang melalui sarana ini. Gartman sendiri anti-Bitcoin, namun ia justru menghargai dan mendorong penggunaan teknologi Blockchain.

"Tidak ada pertanyaan untuk Blockchain. Itu akan mengubah cara kita berbisnis dan berdagang serta berinvestasi," tutur dia.

Blockchain adalah teknologi unik untuk mencatat semua transaksi keuangan yang terjadi tanpa perlu mengandalkan sistem perbankan yang ada. (ren)