Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 17 November 2017 | 07:19 WIB
  • CEO iflix Beberkan 5 Kunci Sukses di Industri Streaming

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama
CEO iflix Beberkan 5 Kunci Sukses di Industri Streaming
Photo :
  • Instagram @patrickgrove
CEO iflix Patrick Grove.

VIVA – Layanan Subscription Video on Demand (SVoD) atau streaming, iFlix, sudah menancapkan kakinya di Indonesia sejak tahun lalu.

Mereka melihat Indonesia adalah pasar televisi dengan pertumbuhan tercepat dan paling kompetitif di Asia.

Menurut CEO iflix, Patrick Grove, bukan perkara mudah menarik konsumen di Indonesia untuk beralih ke layanannya.

Sebab, selain merupakan pemain baru, juga ketatnya persaingan layanan streaming on demand di Tanah Air.

"Kami harus tahu betul target pelanggan yang dituju. Ini supaya tepat sasaran, dan tentunya, meraup lebih banyak konsumen," kata Grove di Jakarta, Kamis malam, 16 November 2017.

Oleh karena itu, ia membagikan resep penting 5P yang membuat iflix bisa diterima dan ditonton oleh konsumen di seluruh dunia.

1. Problem (Masalah)

Grove mengatakan bahwa masalah yang dihadapi di lingkungan dan komunitas di negara-negara lain tentu berbeda.

Menurutnya, iflix akan mengidentifikasi dengan jelas apa masalah yang perlu dipecahkan.

"Di sinilah ide dan inovasi menjadi sesuatu yang membawa nilai, dan, keluarlah solusi untuk menyelesaikan masalah," kata dia.

2. Passion (Gairah)

Di sini ia menegaskan dan sangat percaya bahwa gairah dan kesuksesan perlu hidup berdampingan.

Di mata Grove, dengan menyeimbangkan semangat dan kesuksesan untuk saling melengkapi, maka hal ini tidak hanya akan memotivasi pengusaha tapi juga mengilhami pemangku kepentingan lainnya termasuk karyawan, investor dan rekan bisnis.

"Jika Anda tidak mencapai tujuan atau kesuksesan apa pun yang ingin Anda lihat dalam jangka panjang, akhirnya gairah Anda akan hilang bertahap, dan ujung-ujungnya Anda menyerah," ungkap Grove.

3. People (Masyarakat)

Grove menilai aset terbesar adalah orang atau karyawan yang selama ini mendukung kemajuan perusahaan atau organisasi. Mulai dari pendiri hingga karyawan.

"Merekalah tulang punggung keseluruhan struktur bisnis," paparnya.

Ia juga mengingatkan, yang harus dilakukan selanjutnya adalah mencari talenta andal untuk memperkuat perusahaan atau organisasi.

4. Pivot

Dengan kata lain, ini artinya kemampuan untuk menguji, bereksperimen dan mengambil kesempatan.

Inovasi dan improvisasi konstan sangat penting untuk memastikan produk atau layanan dalam kondisi terbaik di pasaran dan menawarkan nilai tertinggi.

Beradaptasi dan fleksibel tidak hanya pada produk tapi juga struktur organisasi untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan.

5. Perseverance (Ketekunan)

"Jangan pernah membiarkan kata 'tidak' menghalangi Anda," kata Grove. Ia bercerita, sebelum iFlix dan iProperty mendapatkan posisi teratas di pasar seperti sekarang, mereka mengalami ratusan kali penolakan.

"Untuk iflix sudah 115 dan iProperty sebanyak 74 kali penolakan. Tapi kami tidak menyerah," jelas Grove.

Oleh sebab itu, seorang pengusaha harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam menjual produk dan model bisnisnya, sehingga meyakinkan investor, karyawan, otoritas (pemerintah) dan juga pelanggan.

"Tanpa tekad yang bulat sangat tidak mungkin pengusaha manapun bisa mengatasi hambatan di sepanjang jalan ketika mereka memulai bisnis dari nol," kata Grove.