Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 18 November 2017 | 08:42 WIB
  • Foto Selfie Ini Bikin Geger Warganet

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama
Foto Selfie Ini Bikin Geger Warganet
Photo :
  • SARAH IDAN/INSTAGRAM
Miss Israel Adar Gandelsman dan Miss Irak Sarah Eedan berfoto bersama.

VIVA – Kontes ratu kecantikan dunia atau Miss Universe 2017 sedang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat.

Dari ratusan yang ikut, dua kontestan tiba-tiba menjadi perhatian dan membuat geger warganet di salah satu jejaring sosial, Instagram.

Mereka adalah Miss Irak, Sarah Idan serta Miss Israel, Adar Gandelsman. Keduanya melakukan foto bersama atau selfie yang kemudian diunggah ke Instagram milik Idan maupun Gandelsman.

Mengutip situs BBC, Jumat, 17 November 2017, Gandelsman memuji Idan sebagai perempuan hebat. Posting ini ternyata mendapat
sekitar 3.000 tanda suka (like).

Kehebohan terjadi karena Irak dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatik. Lalu, seperti diketahui, Israel saat ini masih menduduki Jerusalem, yang juga diklaim oleh Palestina.

Tak sedikit yang menganggap, termasuk YouTuber Sabrina Bennoui, bahwa tidak semua suka terhadap selfie kedua ratu kecantikan
Timur Tengah tersebut. Banyak orang di Tanah Arab yang bereaksi dengan luapan kemarahan.

Asaad Abukhalil, seorang profesor yang bekerja di Amerika Serikat, bercuit bahwa ratu kecantikan Irak dengan senang hati berpose bersama ratu kecantikan dari negara yang melakukan penjajahan dan kebrutalan.

Namun, seorang pegiat Irak melalui akunnya, @Alaa, mencuit kalau foto seorang Arab atau Muslim bersama seorang Israel bukan berarti menyetujui kebijakan permusuhan Israel terhadap masalah kemanusiaan dan perdamaian.

Lain halnya dengan di Israel. Juru Bicara Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, Ofir Gendelman, justru memuji foto selfie tersebut.

Ia mengatakan bahwa foto itu sebagai 'pesan yang bagus sekali untuk wilayahnya'.

Hal senada juga diungkapkan Armond di akun Twitter-nya, yang menyebut bahwa perdamaian dimulai dari masyarakat.

Idan akhirnya terpaksa menanggapi melalui pernyataan di akun Instagram bahwa Miss Israel Adar Gandelsman menghampirinya saat pemotretan dan mengungkapkan harapan akan perdamaian kedua negara.

Ia pun menegaskan jika foto itu tak berarti ia mendukung kebijakan Israel.

"Saya ingin meminta maaf kalau dianggap foto ini menyinggung rakyat Palestina. Karena posting ini seruan perdamaian dan harapan akan ditemukannya solusi dalam krisis Timur Tengah," ungkapnya.