Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 18 November 2017 | 16:32 WIB
  • Game Tiang Listrik Tak Nongol di App Store, In Sebabnya

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Game Tiang Listrik Tak Nongol di App Store, In Sebabnya
Photo :
  • Play Store Google
Game Tiang Listrik

VIVA – Para Internet di Tanah Air tengah penasaran dengan game Tiang Listrik karya pengembang Noobzilla. Sejak diluncurkan kemarin, game ini langsung diserbu banyak pengguna ponsel berbasis Android, berbarengan dengan hangatnya pergunjingan publik atas kecelakaan Ketua DPR, Setya Novanto, yang mobilnya nabrak tiang listrik – belakangan baru diketahui ternyata tiang lampu.

Masalahnya, game tersebut belum tersedia di pusat aplikasi App Store, sementara game tersebut sudah nongol di Play Store pada 17 November 2017. Ini yang membuat game itu tak bisa dimainkan di perangkat berbasis iOS, seperti iPhone dan iPad.

Visual art Noobzilla, Estu Galih Nur Pratiwi, menjelaskan tim pengembang memang tidak berniat menyediakan game unik tersebut di pusat aplikasi untuk produk Apple. Estu menjelaskan, ada beberapa alasan kenapa Noobzilla absen di iOS. 

"Salah satunya iOS itu approval dari Quality Assurance (QA) lama. QA di iOS lumayan ketat," jelas Estu kepada VIVA, Sabtu 18 November 2017. 

Dengan sistem yang ketat dan butuh proses persetujuan lama agar nongol di App Store, Estu berpandangan, kurang memungkinkan bagi game tersebut. Pertimbangannya, nongol di App Store lama, maka momentum game Tiang Listrik akan berlalu. 

"Jadi kalau dirilis di sana (App Store) trendingnya keburu ilang," ujarnya.

Dia menuturkan, dibanding menyediakan game tersebut di App Store, Noobzilla lebih memilih Play Store atau pusat aplikasi Android.

"Alasan keduanya, pengguna Indonesia kebanyakan kan mainnya di Android. Jadi betul memang enggak ada niatan ke iOS," ujar Estu.  

Game Tiang Listrik mulai muncul di Play Store pada Jumat 17 November 2017. Pengembang game ini yakni Estu Galih Nur Pratiwi sebagai visual art dan Frida Dwi sebagai programmer serta game design.

Untuk memainkan game ini, pengguna harus menjalankan mobil dengan tugas untuk menabrak tiang listrik yang bergerak-gerak di jalan, bukan menghindari rintangan seperti pada game umumnya. 

Tiap kali mampu menabrak tiang listrik, maka pengguna mendapatkan poin. Pengembang memberikan pengguna tiga kali nyawa, untuk menjalankan misi menabrak tiang listrik. Jika mobil berhasil menabrak tiang listrik, akan muncul bunyi 'auu'.

Setelah melewati tiga kali nyawa dan gagal menabrak tiang listrik, maka pengguna dinyatakan gagal dan diminta untuk mencoba kembali misi game tersebut. (ren)