Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 19 November 2017 | 09:38 WIB
  • Ilmuwan akan Tanam Sayur dan Buah di Planet Mars

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Putri Firdaus
Ilmuwan akan Tanam Sayur dan Buah di Planet Mars
Photo :
  • www.pixabay.com/ChadoNihi
Ilustrasi permukaan Planet Mars.

VIVA – Keinginan manusia untuk hidup di planet Mars memang betul-betul bukan sekadar khayalan di siang bolong. Para ilmuwan berusaha mewujudkan keinginan tersebut. 

Berbagai penelitian dan percobaan dilakukan untuk menilai apakah planet tersebut dapat benar-benar layak ditinggali manusia. Kali ini bukan mengirim binatang, para ilmuwan mencoba untuk menanam tumbuhan di planet ini. 

Dilansir laman Daily Meal, Uni Emirat Arab (UAE) menggelontorkan dana hingga lebih US$5,4 miliar atau Rp73 triliun untuk mencoba melakukan percobaan untuk bercocok tanam buah dan sayur di planet berwarna merah tersebut. 

Diketahui UAE Space Agency memanfaatkan bumi sebagai lahan percobaan. Para ilmuwan menyatakan daratan Mars tak jauh beda dengan padang pasir bumi. Keduanya sama-sama tampak tak bisa ditinggali terutama untuk tumbuhan. 

"Ada kesamaan antara Mars dan padang pasir," ujar Senior Strategic Planner UAE Space Agency, Rashid Al Zaabi pada laman BBC. 

"Lanskap dan tanah UAE mirip dengan Mars," katanya. 

Penelitian ini merupakan bagian dari persiapan negara minyak ini untuk menghadapi akhir masa gemilang tambang minyak, salah satu penyumbang pendapatan terbesar negara tersebut. 

"Ada 100 juta pemuda di wilayah Arab. Kami ingin mereka ambil bagian untuk masa depan dan membuat negara ini jadi lebih baik," kata sang Project Manajer, Omran Sharaf pada BBC. 

"Ini tentang menciptakan kehidupan ekonomi kreatif di era post-oil berdasarkan ilmu pengetahuan. Penting bagi kami untuk menjadi scientific center yang layak. Kami banyak menghasilkan insinyur, tetapi tidak begitu banyak ilmuwan. Proyek ini murni untuk misi ilmiah."

Rencananya, UAE akan melakukan penelitian di Mars pada 2020 mendatang. Ini menjadikannya sebagai satu dari sembilan negara yang ikut melakukan penelitian terhadap planet ini. Jika usaha ini berhasil, UAE akan mengirim manusia ke sana dalam waktu 100 tahun ke depan. Wow!