Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 25 November 2017 | 20:11 WIB
  • Coworking Space, Tren Tempat Kerja Startup Kekinian

  • Oleh
    • Harry Siswoyo,
    • Mitra Angelia
Coworking Space, Tren Tempat Kerja Startup Kekinian
Photo :
  • www.pixabay.com/ngecphuc1404
Ilustrasi startup

VIVA – Seiring perkembangan zaman dan ilmu teknologi informasi, membuat perkembangan dan pertumbuhan entrepreneur di Indonesia semakin meningkat.

Tidak salah jika bertumbuhnya entrepreneur juga membuat tingkat pertumbuhan Startup di Indonesia mengalami peningkatan. Otomatis, sebuah tren tempat kerja bersama alias ruang bersama kekinian yang disebut Coworking Space akhirnya juga semakin menjamur dan dikenal oleh banyak orang.

Saling bertemu dan berbagi pengalaman, akhirnya terbentuk sebuah komunitas Coworking, komunitas terkenal di dunia. Di Indonesia dinamakan dengan Coworking Indonesia.

Coworking Indonesia atau Coworking Space merupakan komunitas untuk para pembangun dan penggerak komunitas (community of community builders) dengan tujuan utama membangun pertumbuhan kewirausahaan dan ekonomi Indonesia lewat gerakan coworking.

Perkumpulan ini juga akan menjadi pool of resources, sumber keahlian, pengalaman, tools yang bisa diakses oleh pelaku coworking supaya bisa lebih berkembang melalui kolaborasi, keterhubungan dan saling berbagi dan mendukung ekonomi kreatif melalui program kewirausahaan.

"Ini perkumpulan yang dibentuk banyak pihak, usaha bersama. Coworking tersebar di 8 kota, sudah ada 170 coworking space di Indonesia," ujar Faye Alund, President Coworking Indonesia, dalam acara Coworkfest 2017 bersama Bank BRI, Sabtu, 25 November 2017.

Jadi di Coworking Indonesia, komunitas di mana para startup bertemu, saling berbagi pengamalan. Selain itu, juga ada program inkubasi startup.

Salah satu upaya membantu memajukan  Usaha Kecil Menengah (UKM), Coworking Indonesia menyelenggarakan Coworkfest atau Coworking Festival.

Coworkfest oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI), gerakan yang didukung berupa financing support, networking dan database support, serta incubation support kepada para technopreuner atau startup.

"Selain Coworkfest, kami akan melanjutkan dengan penjaringan pontensi-potensi unggul dari para startup dan member Coworking Indonesia untuk dibina dan dikembangkan melalui BRI Incubation and Acceleration programs," ujar Kaspar Situmorang, EVP Digital Center of Exellence Bank BRI.

Diketahui, startup yang dimaksudkan adalah perusahan rintisan para pelaku UKM. Sayangnya nominal bantuan BRI untuk para UKM dalam nota kesepahaman dengan Coworking Indonesia belum diumbar.