Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 27 November 2017 | 06:35 WIB
  • Wow, Bir Bakal Dibuat di Planet Mars

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Bimo Aria
Wow, Bir Bakal Dibuat di Planet Mars
Photo :
  • Pixabay/Wokandapix
Minuman bir.

VIVA – Hingga saat ini mungkin masih belum ada manusia yang menginjakkan kaki di Mars. Tapi, sebuah bir rencananya akan diluncurkan dan dibuat di planet merah itu.

Pada awal Maret 2017 lalu, wakil presiden perusahaan bir, Anheuser-Busch atau Budweiser, Ricardo Margues mengatakan bahwa mereka memiliki impian untuk menjadi bir pertama di Mars. Nah, kini Budweiser benar-benar akan bekerja sama dengan Stasiun Antariksa Internasional untuk menciptakan ‘minuman ringan mikro’.

SpaceX akan mengangkut barang ke ISS pada 4 Desember 2017 mendatang, dan di antara barang-barang itu ada 20 benih barley, yang merupakan bahan pembuat bir, bersama dengan bahan utama bir Budweiser. Mungkin suatu hari nanti bir di Mars bisa menjadi kenyataan.

"Budweiser selalu mendorong batasan inovasi dan kami terinspirasi oleh American Dream untuk sampai ke Mars," kata Marques, dikutip dari Food Beast, Senin, 27 November 2017.

"Kami sangat antusias untuk memulai penelitian kami untuk membuat bir di planet merah ini,” ujarnya menambahkan.

Saat ini bahan Budweiser sudah berada di stasiun luar angkasa dan akan dilakukan dua percobaan. Yang pertama adalah penelitian benih, di mana mereka akan membiarkan bibit barley berada di stasiun luar angkasa selama 30 hari, untuk melihat bagaimana reaksi mereka di luar angkasa.

Percobaan kedua adalah perkecambahan biji. Dalam tes ini mereka akan menyiram dan memberi pupuk pada benih barley tadi selama dua minggu.  Sama seperti di bumi, hal ini untuk melihat apakah mereka dapat tumbuh dengan kecepatan yang sama (biasanya 15-25 sentimeter).