Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 30 November 2017 | 11:19 WIB
  • Facebook Wajibkan Pengguna Kirim Selfie, Ada Apa

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Facebook Wajibkan Pengguna Kirim Selfie, Ada Apa
Photo :
  • REUTERS/Thomas White
Logo aplikasi media sosial Facebook.

VIVA – Facebook kemungkinan segera akan menerapkan cara baru untuk verifikasi identitas pengguna. Bukan lagi dengan dengan metode verifikasi ‘captcha’ yang lama, tapi situs jejaring sosial populer ini bakal memaksa penggunanya untuk selfie agar bisa masuk ke akun tersebut. 

Kabar ini muncul, setelah beberapa pengguna Facebook melaporkan di Twitter, mereka diwajibkan memfoto diri berupa wajah pengguna dengan jelas, saat masuk ke Facebook.

Dalam permintaan selfie untuk verifikasi itu, pengguna melaporkan bahwa Facebook berjanji dan menjamin akan langsung menghapus foto verifikasi itu dari server mereka setelah identitas pengguna ditentukan. 

Namun belakangan, dikutip dari Phone Arena, Kamis 30 November 2017, Facebook mengklarifikasi kabar yang beredar tersebut. Kepada laman Wired, juru bicara Facebook mengakui memang fitur verifikasi selfie itu memang disediakan. Namun maksudnya adalah untuk fitur keamanan. 

"Fitur keamanan ini dimaksudkan untuk membantu kami mendeteksi aktivitas mencurigakan pada saat membuat akun, mengirim permintaan pertemanan, mengatur pembayaran iklan dan membuat atau mengubah ikan," jelas jubir Facebook. 

Metode verifikasi identitas pengguna itu memang bersifat otomatis. Metode itu merupakan salah satu dari beberapa yang dipakai Facebook untuk mengautentifikasi pengguna dan mendeteksi aktivitas mencurigakan. Soal kategori aktivitas mencurigakan, Facebook sejauh ini tidak memberikan detailnya.