Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 18 Juli 2017 | 12:54 WIB
  • Berapa Kapasitas RAM Ideal untuk Smartphone?

  • Oleh
    • Siti Sarifah Alia
Berapa Kapasitas RAM Ideal untuk Smartphone?
Photo :
  • REUTERS/Stringer
anak main game - handphone - smartphone - aplikasi game

VIVA.co.id – Smartphone yang beredar saat ini dilengkapi dengan bermacam-macam kapasitas RAM. Ada yang 2 GB, 4GB bahkan sampai 8 GB. Lalu apakah yang dimaksud RAM dan kegunaannya bagi kita?

RAM merupakan akronim dari Random Access Memory. Menurut Vishal Kara, Head of Product dari Piriform, produsen CCleaner untuk Android, RAM dibutuhkan untuk membuat performa dan kinerja smartphone lancar. 

"Jika aplikasi dan game yang kita instal ke dalam storage internal diproses oleh CPU dan GPU, RAM berperan sebagai memori untuk multitasking. Artinya, RAM membuat semua aplikasi di smartphone beroperasi dalam satu waktu," ujar Kara, dilansir dari Digital Trends.

Aplikasi atau game di smartphone dimainkan ditopang RAM. Saat aplikasi satu berada di RAM, pengguna bisa membuka aplikasi lain, bahkan sampai banyak.

Di masa awal kemunculan smartphone, HTC Dream memiliki RAM hanya 192 MB, sedangkan iPhone dilengkapi RAM sebesar 128 MB. Kini kapasitas RAM semakin besar seiring dengan kesadaran pengguna smartphone yang ingin serba cepat dan lancar. Yang paling besar adalah OnePlus 5 dengan 8GB RAM. Artinya, OnePlus 5 bisa sangat lancar mengoperasikan beberapa aplikasi sekaligus.

Menurut data App Annie, rata-rata smartphone membuka 9 aplikasi per hari dan menggunakan 30 aplikasi berbeda setiap bulannya. 

Namun John Poole dari Primate Labs (produsen Geekbench 4 untuk iOS dan Android) menunjukkan bahwa RAM yang besar memiliki resiko boros baterai.

Lalu berapa kapasitas RAM ideal dalam sebuah smartphone? Menurut Poole, smartphone dengan kapasitas RAM 4GB sudah cukup untuk tren saat ini.