Cara Membobol Facebook Orang Lain

Logo media sosial Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Philippe Wojazer

VIVA.co.id – Seorang mantan kekasih yang belum bisa move on biasanya penasaran dengan isi Facebook pasangannya. Demikian juga teman yang tanpa penjelasan langsung di-unfriend. Lalu sebenarnya, mudahkah membobol akun Facebook orang lain?

Digempur Iran, Ini 5 Sistem Pertahanan Israel Tangkis Rudal hingga Laser

Seorang programer mengaku bisa membobol Facebook orang lain hanya dengan satu cara, yaitu menemukan nomor ponsel lama dari pemilik akun tersebut. Setidaknya ini merupakan cara yang mudah untuk bisa mengetahui isi konten di akun Facebook tersebut tanpa sepengetahuan sang pemilik.

Menurut penjelasan programer bernama James Martindale, seperti dikutip dari Indy100, pola peretasan ini mengandalkan sistem 'Forgot Password' yang ada di Facebook.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Biasanya, jika pemilik akun lupa password-nya, maka sistem perbaikan akun Facebook akan mengarahkan pengguna untuk memberikan nomor ponsel mereka. Kemudian Facebook akan mengirimkan kode unik agar pengguna bisa meraih akses kembali ke akunnya.

"Sayangnya, jika mantan anda atau teman yang anda unfriend memutuskan untuk membeli nomor ponsel anda yang lama atau tidak terpakai lagi, ini merupakan ancaman yang mudah dilakukan. Mereka bisa menggunakannya untuk meraih akses ke akun Facebook anda," ujar Martindale.

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Tentu saja, pola ini sangat mungkin dilakukan jika hanya mereka memiliki nomor ponsel anda yang lama, yang terhubung dengan akun tersebut.

"Saya penasaran dengan pola retasan ini. Saya tahu bahwa Facebook akan memberikan informasi sebuah akun hanya dengan menuliskan nomor ponsel mereka. Jadi saya ketikkan nomor lama orang lain yang sudah saya beli ke dalam kotak pencarian. Lalu, sebuah akun yang terkoneksi dengan nomor itu pun muncul," katanya.

Setelah berhasil masuk ke akun Facebook orang lain, Martindale memberikan kesimpulan jika pola ini bisa dilakukan siapa saja untuk menipu atau memeras orang lain guna mencari keuntungan materi. Misalnya saja menjual akun Facebook itu ke pasar gelap atau meminta uang dari teman-teman si pemilik akun. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya