Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 27 Juli 2017 | 11:57 WIB
  • Cara Hapus Akun dan Data di Facebook

  • Oleh
    • Siti Sarifah Alia
Cara Hapus Akun dan Data di Facebook
Photo :
  • REUTERS/Philippe Wojazer
Media sosial Facebook.

VIVA.co.id – Tren media sosial memang tidak pernah mati namun aktivitasnya kerap kali membuat bosan. Apalagi saat membaca status yang nyinyir dan tidak satu pendapat dengan kita. Jika merasa 'gerah' dengan aktivitas di Facebook, bisa saja menghapus akun di sana selamanya.

1. Login

Hal yang harus dilakukan pertama kali sudah pasti anda harus login ke akun Facebook tersebut.

2. Download

Proses penghapusan merupakan hal yang dilakukan permanen. Artinya tidak bisa di batalkan atau anda tidak bisa lagi menemukan akun tersebut. Oleh karena itu ada baiknya anda mengambil terlebih dahulu data yang ada di dalamnya, termasuk status, notes, video dan foto. Untuk mendownload data Facebook Anda, masuk ke General Account Settings. Di bagian bawah tertera 'Download a copy of Your Facebook Data'.

3. Formulir penghapusan akun yang tersembunyi

Media sosial itu tidak akan mudah melepaskan anggotanya. Oleh karena itu Facebook berusaha menjauhkan formulir penghapusan akun dari para anggotanya. Sejatinya formulir itu ada di halaman bantuan (help page) dan harus diklik berkali-kali. Namun anda bisa mengaksesnya di sini.

4. Konfirmasi

Seperti seorang agen kartu kredit yang akan menghalau penutupan kartu, Facebook juga akan membuat Anda berpikir ulang untuk menghapus akun. Untuk secara permanen menghapusnya, Anda diminta untuk memasukkan password kembali lalu menuliskan kode CAPTCHA yang tertera, kemudian klik OK.

5. Kesempatan 2 minggu

Mengklik OK bukanlah proses terakhir. Facebook akan kembali membuat Anda berpikir ulang untuk menghapus akun. Sebuah notifikasi akan muncul  yang berisi,

Your account has been deactivated from the site and will be permanently deleted within 14 days. If you log into your account within the next 14 days, you will have the option to cancel your request.

Nah kan, Anda diberi kesempatan untuk berubah pikiran selama dua minggu. Jika memang Anda memutuskan untuk membatalkan penghapusan akun selamanya, caranya cukup mudah. Hanya dengan satu kali login ke akun Facebook Anda tersebut.

Intinya, untuk menghapus akun, Anda akan diberikan tahapan berlapis-lapis. Namun untuk kembali meraih akun Anda, hanya satu kali login.

Perlu diingat, hapus permanen harus dilakukan bersamaan dengan menghapus data-data yang ada. Namun jika Anda tidak berniat untuk menghapus akun, ada baiknya hanya melakukan deaktivasi.