Tips Tepat Memilih Wifi Router Rumahan

Linksys luncurkan router baru
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id – Memilih router untuk wifi di rumah ternyata perlu trik. Ini dimaksudkan agar pengguna wifi router puas memakai internet, serta tepat guna.

Google Incar Teknologi Wi-Fi Nokia, Apa Dampaknya

Sales Manager Linksys Indonesia, Veroniaty Chang berbagi tips memilih wifi router skala rumahan. Menurutnya, pertama, penting diperhatikan kebutuhan koneksi internet yang digunakan.

"Kalau misal lebih ke arah hiburan dan kesenangan, mungkin cover juga kegiatan anak, melakukan browsing segala macam, sebaiknya ambil teknologi yang ada cloud, orang tua bisa membatasi," ujar Veroniaty kepada VIVA.co.id saat ditemui di Penang Bistro, Jakarta, Kamis, 27 Juli 2017.

Akses WiFi Kamu Bisa Dicuri, Ini Tanda-tandanya

Contohnya, kata Veroniaty seperti smart router wifi. Pengguna bisa terhubung dengan perangkat di rumah, jadi bisa mengetahui yang dikerjakan dan akses internet si anak.

Lalu, kata Veroniaty, perhatikan juga jumlah pengguna di rumah. Jika lebih dari lima orang, sebaiknya gunakan wireless end class. Begitu juga ukuran rumah, semakin besar rumah sebaiknya gunakan wifi router berkapasitas besar.

Generasi Masa Depan WiFi, Seperti Apa Ngebutnya?

Tips selanjutnya, lokasi memasang wifi router, menurut Veroniaty, pasanglah router di tempat yang tidak banyak pembatas.

"Router ini kan bersifat dihantarkan oleh udara, sebaiknya diletakkan di udara yang mudah untuk ke mana-mana, jangan di kamar, sebaiknya di tangga," ujar Veroniaty.

Terakhir, untuk perpanjangan sinyal menggunakan range extender, pastikan sinyalnya minimal dua bar. Sebab, sinyal pastinya tidak akan selalu stabil, jika extender hanya satu bar, internet akan cenderung mati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya