Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 8 September 2017 | 13:40 WIB
  • Parallel Space, Bisa Kloning Aplikasi WhatsApp di Smartphone

  • Oleh
    • Siti Sarifah Alia,
    • Afra Augesti
Parallel Space, Bisa Kloning Aplikasi WhatsApp di Smartphone
Photo :
  • Pixabay/Antonbe
Ilustrasi WhatsApp.

VIVA.co.id – Bagi pengguna ponsel dual simcard, atau kartu ganda, kini Anda bisa mendaftarkan dua nomor tersebut untuk digunakan pada dua aplikasi Whatsapp di satu ponsel. Anda dapat menginstal dua atau lebih Whatsapp di telepon Anda melalui aplikasi baru bernama 'Parallel Space'.

Parallel Space adalah aplikasi yang mampu menjalankan dua akun sekaligus dalam satu waktu. Singkatnya, ini adalah aplikasi kloning yang akan menggandakan apapun yang ada di ponsel Anda, termasuk Whatsapp. Bagaimana caranya?

Setelah mengunduh 'Parallel Space' di PlayStore dan menginstalnya, Anda bisa langsung menuju dashboard 'Parallel Space'. Di sini Anda bisa melihat semua aplikasi yang terinstal di telepon Anda, lalu klik pada aplikasi yang ingin Anda duplikat. Pada aplikasi yang dipilih akan muncul warna centang biru di pojok kanan atas dari aplikasi tersebut. 'Parallel Space' akan langsung membuat salinan kloning dari aplikasi itu.

Misalnya, apabila Anda telah menginstal Whatsapp di ponsel dan berfikir perlu membuat Whatsapp baru untuk dua nomer telefon dalam satu ponsel,ketuk ikon Whatsapp dan mulailah mengkloningnya. Selang beberapa detik saja, Whatsapp untuk nomor kedua Anda sudah tersedia di dashboard Parallel Space.

Anda dapat menduplikat aplikasi apa pun yang terpasang di ponsel dengan cara yang sama dan dapat mengaksesnya dengan akun kedua. Yang perlu diingat adalah, Anda hanya dapat membuat satu salinan aplikasi saja. Parallel Space juga memberikan privasi penuh karena aplikasi kloning hanya bisa terlihat di dalam dashboard Parallel Space dan tidak akan tercantum dalam 'laci' aplikasi Anda.

Bila Anda ingin membuat Whatsapp kloning muncul di layar 'Home' ponsel, caranya yaitu dengan menekan agak lama ikon Whatsapp di dashboard tersebut, lalu drag ke 'Create Shortcut' yang ada di pojok kiri atas. Dua Whatsapp dengan nomor berbeda pun kini tersedia dalam satu ponsel Anda. Jangan khawatir untuk masalah keamanan Whatsapp kloning, karena seluruh sistem dan fitur yang tersedia pun sama persis dengan 'suadara kembarnya', termasuk soal enkripsi.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur pengunci berupa 'pattern' yang dapat disesuaikan dengan keinginan sehingga hanya Anda yang bisa mengakses dashboard Parallel Space. Selain fitur keamanan, ada pula fitur lain yaitu Toko Tema, Notifikasi, Mode Kecepatan, dan Pengaturan. Aplikasi kloning Parallel Space didapatkan secara gratis maka kelemahannya terletak pada banyaknya iklan yang tiba-tiba muncul di dalamnya.

Untuk mengatasi gangguan tersebut, Parallel Space menyediakan fitur penghapus iklan di pojok kanan atas. Anda bisa berlangganan dan beralih ke Parallel Space Pro yang akan dikenakan biaya mulai dari Rp10 ribu untuk satu bulan, Rp15 ribu untuk tiga bulan, Rp26 ribu untuk enam bulan, hingga Rp50 ribu untuk seumur hidup.