Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 13 September 2017 | 21:11 WIB
  • Begini Tips agar Video Jadi Viral

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Mitra Angelia
Begini Tips agar Video Jadi Viral
Photo :
  • Dokumen Vidio.com
Content Partnership Manager Vidio.com, Silvia J Oetomo

VIVA.co.id – Live streaming atau konten video di media sosial kini semakin digemari para netizen. Tapi, video yang dibuat kadang diabaikan oleh pengguna lain, bisa jadi karena membosankan atau terkesan terlalu pamer.

Tapi sebenarnya ada trik yang bisa netizen lakukan agar video yang diunggah menjadi viral. Content Partnership Manager Vidio.com, Silvia J Oetomo, menyebut ada lima tips agar video menjadi viral di media sosial.

Pertama, soal durasi sebaiknya pendek, maksimal dua detik. Tapi waktu yang paling menentukan video bakal ditonton adalah di 10 detik pertama. Jadi, buatlah video semenarik mungkin selama 10 detik pertama.

"Sepuluh detik itu sudah harus ada keterikatan, 44 persen penonton meninggalkan video itu, jika di 10 menit pertama tidak menarik," katanya, di Jakarta, Rabu 13 September 2017.

Kedua, lanjut Silvia, konten video harus ada keterikatan emosi dengan penonton, atau yang paling penting kontennya harus membuat penasaran penonton. "Sehingga, video itu menarik untuk dia (penonton) share," terang dia.

Lalu ketiga, sekali-kali buatlah video yang membuat penonton terpancing. Misalkan seperti menggunakan kata-kata 'please like and comment' atau 'kapan kira-kira kapan saya akan upload selanjutnya?' atau 'tunggu kuis di channel aku'.

"Itu salah satu ide kreatif untuk menarik engagement penonton terhadap konten," jelas Silvia. Keempat, konten harus yang informatif. Sehingga, pengguna lain juga terpancing untuk membagikan video di platform lainnya. 

Terakhir, berisi konten yang menginspirasi. Sebab, cerita-cerita inspiratif bisa memancing pengguna lain untuk membagikan video. Seperti video berisi konten terkait orangtua yang meninggalkan anaknya untuk bekerja.

"Bagaimana tips dan kendalanya. Itu kan bisa jadi inspirasi," tutur Silvia.