Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 19 September 2017 | 10:09 WIB
  • Tips Sederhana agar Video Banyak Ditonton

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Mitra Angelia
Tips Sederhana agar Video Banyak Ditonton
Photo :
  • www.pixabay.com/septimo77
Ilustrasi video

VIVA.co.id – Salah satu parameter menarik atau tidaknya sebuah video, tergantung berapa banyak orang yang menontonnya. Jika Anda mengunggah video yang dibuat pada sebuah platform, maka jumlah penonton atau 'viewer' akan terdeteksi.

Tapi jika memang video Anda belum banyak yang menyaksikan, berikut tips yang diberikan oleh platform video streaming lifestyle, C Channel. Head of Media PT Media Makmur, Pradana Putra mengatakan, satu tips penting yang mesti diketahui pengguna yang doyan mengunggah video yaitu fokus saja pada tema konten 'bagaimana' alias 'how to'.

"Audiens Indonesia perlu banget konten-konten berbau how to, mulai dari makeup, cooking, sampai lifehack (tips untuk menyelesaikan masalah sehari-hari). Selain itu, how-to video punya life span yang lebih bagus, evergreen topic (topik yang tak lekang zaman)" ujar Pradana, kepada VIVA.co.id, melalui pesan singkat, Selasa 19 September 2017.

C Channel misalnya, pada platform ini hampir keseluruhan berisi video tips, seperti bagaimana cara make up membuat kontur hidung, bagaimana cara mengecat kuku dengan motif bunga, dan lainnya.

Agar ‘panen’ penonton video, Pradana menuturkan, selain how to juga tergantung pada siapa yang ada di video tersebut, apa yang jadi konten videonya, dan via media apa video itu dipublikasikan.

Pradana mencontohkan, untuk media publikasi, seperti smartphone akan membantu juga agar penonton menjadi banyak. Sebab, saat ini penetrasi smartphone terus bertambah. Unggah video di aplikasi-aplikasi smartphone.

"Semakin influential clipper-nya semakin bagus views-nya, Semakin bagus kontennya (sesuai kebutuhan audiens) semakin bagus views-nya," kata Pradana.

C Channel merupakan platform yang diperuntukkan bagi kaum hawa yang doyan berbagi tips. C Channel memproduksi video konten berisi tips terkait make up, beauty, cooking, lifestyle, fesyen, hairstyle dan travel. Durasi video tidak terlalu lama, hanya satu menit.

Produksi konten video di C Channel dibantu oleh para clipper. Sejauh ini sudah ada hingga 30 clipper yang mencurahkan ide mereka pada platform.

Platform asal Jepang ini tersedia di 10 negara, termasuk di Indonesia. Untuk di tanah air, C Channel mengakuisisi PT Media Makmur, yang sebelumnya dikenal melalui Kawaii Beauty Japan dan Nedako. (mus)