Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 22 September 2017 | 01:07 WIB
  • Mudahnya Pindah Data dari Smartphone Lama ke Baru

  • Oleh
    • Siti Sarifah Alia
Mudahnya Pindah Data dari Smartphone Lama ke Baru
Photo :
  • VIVA.co.id/Amal Nur Ngazis
Model menunjukkan Oppo F3 Plus.

VIVA.co.id – Keunggulan smartphone Oppo ternyata bukan hanya karena dual kamera dan tren swafoto yang mumpuni. Oppo memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk memindahkan data-data di dalam smartphone Oppo lama ke yang baru.

Penggemar sebuah merek smartphone biasanya tidak bisa pindah ke lain merek. Ini membuat Oppo berinisiatif untuk membuat sebuah fitur yang mampu mempermudah penggunanya untuk 'pindahan'. Fitur itu bernama Clone Phone.

Yang menjadi kendala saat pengguna ingin pindahan dari smartphone lama ke yang baru adalah harus mengalihkan data-data di dalamnya. Tidak hanya foto dan video tapi juga file dokumen, sampai nomor kontak. Dengan Clone Phone, tak hanya foto dan kontak, setingan dan tampilan layar pun mirip dengan yang ada di smartphone lama.

Dalam notifikasinya, Clone Phone dijelaskan bisa dengan cepat memindahkan semua data yang ada di smartphone Oppo lama. Proses pemindahan data ini dijamin akan lebih cepat ketimbang cara manual.

Untuk bisa mulai melakukan pemindahan, tentunya pengguna sudah harus menemukan smartphone Oppo terbaru yang akan digunakan. Sandingkan smartphone lama dengan yang baru.

Oppo F3 FCB Limited Edition

Temukan menu Tools lalu buka Backup and Restore. Di bagian tengah layar akan muncul Clone Phone, sedangkan di bagian bawah ada Create New Backup. Pilih Clone Phone. Ada dua pilihan yang muncul pada menu Clone Phone, yakni This is the New Phone dan This is the Old Phone.

Lakukan langkah tersebut di kedua smartphone, baik yang lama maupun baru.

Pada smartphone baru, pilih This is the New Phone. Lalu akan muncul barcode untuk dipindai menggunakan kamera smartphone lama. Pada smartphone lama, pilih Old Phone. Kemudian kamera akan terbuka untuk memulai memindai barcode yang ada di smartphone baru.

Voila! Data di smartphone lama pun langsung terkirim ke smartphone baru, termasuk setingan yang digunakan.

Waktu yang dibutuhkan untuk menarik data di smartphone lama ke yang baru akan bergantung pada banyaknya data yang ada. Oleh karena itu pastikan baterai telah terisi penuh saat melakukan Clone Phone, untuk menghindari transfer data terhenti dan mengulang dari awal.