Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 22 Juni 2017 | 08:54 WIB
  • Begini Spesifikasi Smartphone Fotografer Besutan Asus

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Afra Augesti
Begini Spesifikasi Smartphone Fotografer Besutan Asus
Photo :
  • GSM Arena
Asus Zenfone Zoom S.

VIVA.co.id – Asus Indonesia menghadirkan ponsel pintar (smartphone) terbarunya, ZenFone Zoom S, yang disebut-sebut sebagai ponsel fotografer. Dibilang demikian karena menjagokan kameranya yang diklaim setara dengan lensa untuk fotografi.

Berbeda dengan 'saudaranya', ASUS ZenFone 3, ZenFone Zoom S mengarahkan penggunanya untuk menjajal sensasi fitur dual lens yang berkapasitas 12 kali perbesaran dan 8 kali low light.

Vendor ponsel asal Taiwan ini menghadirkan fitur baru pada dual-kamera yang tertanam, yakni kemampuan optical zoom. Selain itu, pengguna akan dapat mengambil foto dan menyimpannya dalam bentuk RAW file.

Adapun format yang digunakan adalah DNG, format RAW image besutan Adobe untuk fotografi digital. Satu fungsi lain yang menarik untuk dioprek adalah fitur bokeh yang ada pada dua lensa belakang ZenFone Zoom S. 

Selain kemampuan fotografinya, Zenfone Zoom S diperkuat oleh baterai berkapasitas jumbonya, yakni 5000 mAh, sehingga daya tahan baterai bisa awet selama 12 jam pemakaian normal.

Tak hanya itu, karena daya baterainya yang super, ZenFone Zoom S bahkan bisa digunakan sebagai powerbank untuk smartphone lain.

Head of Public Relations and E-Marketing Asus Indonesia, Muhammad Firman mengatakan, ASUS tidak pernah menjual putus perangkat yang dipasarkan dan selalu meningkatkan pengalaman penggunaan pada setiap produk yang dipasarkan.

Android 7.1.1 Nougat

"Sejak model pertama, varian ASUS ZenFone selalu berevolusi mulai dari mendapatkan bug fix, pembaharuan sistem operasi, dan penambahan fitur. Ini akan membuat pengguna serasa mengganti smartphone-nya ke smartphone baru," ujarnya di Jakarta, Rabu malam, 21 Juni 2017.

Firman menyebut Zenfone Zoom S dibanderol dengan harga Rp5.999.000 dalam dua pilihan warna varian, yaitu Champagne gold dan Graphite gray.

Sama seperti varian ZenFone 3 lainnya, ZenFone Zoom S awalnya hadir dengan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow dan akan meng-update ke sistem operasi Android Nougat 7.1.1. Firman menyebut, saat ini sistem operasi tersebut sedang dalam tahap verifikasi.

"Kalau lancar, nanti akan tersedia stok barangnya bulan Juni," ungkapnya. Yang menarik, kata dia, sistem operasi ini juga mendukung multi-window multitasking secara native, tanpa perlu menginstalkan aplikasi tambahan.

Pengguna bisa membalas SMS atau pesan dari instant messager langsung dari notification tray tanpa perlu membuka aplikasi yang bersangkutan. Meski demikian, perangkat ini hanya dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 625. Chipset ini biasa digunakan pada smartphone kelas medioker dengan harga di bawah Rp3 juta.