Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 25 Juli 2017 | 00:02 WIB
  • Oppo F3 Plus, Level Baru Smartphone Selfie

  • Oleh
    • Siti Sarifah Alia
Oppo F3 Plus, Level Baru Smartphone Selfie
Photo :
  • VIVA.co.id/Amal Nur Ngazis
Model menunjukkan Oppo F3 Plus

VIVA.co.id – Tren selfie yang sedang naik daun diakomodir para vendor smartphone dengan meningkatkan fitur kamera. Salah satu yang menarik adalah fitur wide angle selfie di salah satu kamera Oppo F3 Plus. Dengan fitur dan segala kelebihannya, Oppo membawa smartphone selfie ke level yang lebih tinggi.

Oppo melanjutkan portofolio selfie Expert-nya dengan meluncurkan F3 Plus. Total ada 3 kamera yang disematkan pada smartphone ini. Satu kamera di belakang dan dua kamera di depan.

Uniknya, penambahan satu kamera di depan ini merupakan salah satu upaya Oppo dalam meningkatkan kualitas foto selfie. Yang menarik, dua kamera di sini tidak ditujukan untuk menambah resolusi kamera lainnya, melainkan memiliki fungsi tersendiri, sebagai modal untuk membidik objek yang lebih lebar atau menangkap lebih banyak wajah selfie.

Berikut pendapat Viva.co.id dari hasil uji coba Oppo F3 Plus.

Wide Angle yang Sempurna

Fotografi wide angle sangat bisa diandalkan untuk bisa menghasilkan foto yang tidak umum. Wide angle bisa menangkap gambar lebih banyak dan background yang lebih lebar. Fitur ini sangat bisa diandalkan untuk memotret beramai-ramai, saat ada konser, menangkap objek gedung tinggi, atau hal lain yang tidak bisa dipotret oleh lensa biasa.

Kamera depan ganda, satu dilengkapi resolusi 16 megapiksel sedangkan lainnya adalah 8 megapiksel dengan sudut ultra lebar sebesar 120 derajat. Kamera wide angle itu pun dilengkapi dengan lensa 6P dengan jarak pandang lebih besar, bahkan dua kali lebih besar ketimbang kamera selfie di smartphone biasa. Bisa dibilang, lensa 6P memecahkan tantangan utama kamera depan untuk menangkap banyak orang dalam satu bingkai foto, namun mempertahankan kualitas gambar tingkat tinggi dengan distorsi gambar minimal.

Kamera depan lainnya menggunakan resolusi 16 MP, sensor 1/3-inci dan aperture besar f / 2.0. Ini juga mewarisi keunggulan yang terlihat pada ponsel Selfie Expert sebelumnya, termasuk dynamic range yang tinggi, kedalaman yang jelas dan noise yang minim. 

Fitur yang Ciamik

Menggunakan kamera Oppo cukup mudah. Di dalamnya ada beberapa fitur bawaan yang sangat mirip dengan iPhone. Misalnya Beauty 4.0 untuk membuat wajah lebih mulus dan merona, time-lapse untuk mempercepat perekaman video, dan juga panorama untuk hasil bidikan dengan sudut pandang foto yang lebih luas.

Dengan bantuan kamera belakang Oppo F3 yang sebesar 13 MP, pengguna bisa mengambil foto panorama yang ciamik. Dengan beberapa putaran pergelangan tangan, pengguna dapat mengambil foto dengan sudut pandang lebih luas. Cukup dengan mengarahkan kamera belakang, lalu memutar smartphone tiga sampai empat kali, searah panah yang ada di layar kamera. Hasil foto Panorama akan lebih menarik dengan posisi smartphone vertikal.

Sedangkan fitur Time Lapse di Oppo F3 bisa digunakan untuk mengambil momen bergerak dengan perbandingan 1:10. Artinya perekaman selama 10 detik bisa dipercepat menjadi 1 detik saja. Time lapse biasanya digunakan untuk mengambil pergerakan gambar yang mengindikasikan perubahan latar dalam waktu lama, misalnya perubahan tampilan billboard yang terletak di New York Times Square.

Saat selfie, Anda bisa mengandalkan fitur Beautify 4.0 yang ada di Oppo F3. Dengan algoritma pengolahan foto yang ditingkatkan, kamera bisa merekam wajah Anda tanpa noda sedikitpun, bahkan nyaris sempurna. Selain kulit yang cerah dan jernih, mata bisa dibuat tajam, kontur wajah yang terbentuk, dan pipi yang agak memerah. Jika ada tulisan dalam objek foto selfie Anda, gunakan fitur Flip Save agar tulisan tersebut tidak tampil terbalik.

Bodi Bongsor

Dengan panjang 163.6 mm, lebar 8.1 mm, dan ketebalan 7.4 mm, smartphone ini terbilang cukup tipis tapi besar, apalagi dengan berat yang lumayan yaitu 185 gram. Bagi wanita, menggunakan Oppo F3 Plus harus dengan dua tangan karena bodinya cukup bongsor, layar 6 inci.

Layar ini juga cukup jernih karena memiliki teknologi IPS LCD dengan full HD yang beresolusi 1080 x 1920 pixels dengan kepadatan pixel 367 ppi, dilengkapi dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass 5 dan screen body ratio dari layar adalah 75.1 persen. Meski telah memiliki pelindung, layar Oppo tidak antikeringat tangan. Minyak yang keluar dari keringat di tangan kerap menempel dan pengguna harus rajin membersihkan layar setiap waktu.

Di bagian bawah bodi depan, Oppo menyemarkan tombol Home yang juga berfungsi sebagai fingerprint scanner. Sedangkan di bagian atas ada dua kamera depan didampingi speaker. Tombol volume terletak di samping kiri sedangkan di seberangnya adalah tombol power yang juga berfungsi sebagai pengunci layar. Tombol ini didampingi oleh slot untuk simcard.

Speaker Oppo terdapat di ujung paling bawah, terdiri dari enam lubang kecil, bersebelahan dengan port charger dan audio jack. Sedangkan di bagian belakang terdapat kamera utama beresolusi 16MP juga dengan sensor Sony IMX398 dan penggunaan aperture f/1.7. Lampu flash yang mendampingi kamera ini cukup terang, diperkirakan mampu menerangi objek dalam jarak sekitar 2 meter.

Dapur pacu Oppo F3 Plus dibekali chipset Qualcomm MSM8976 Pro Snapdragon 653, CPU Octa-core (4×1.95 GHz Cortex-A72 & 4×1.44 GHz Cortex-A53) dan GPU atau graafis Adreno 510, RAM 4 GB dan internal memori 64 GB.

Yang menarik, baterai oppo F3 Plus ini mempunyai baterai yang tergolong besar, yaitu Li-Ion 4000 mAh Non-removable atau tidak bisa dilepas. Kapasitas sebesar itu, dalam pengujian Viva.co.id, mampu bertahan hingga tiga hari. Jika habis, charger berteknologi fast-charging bisa langsung mengisi penuh dalam kurun dua jam saja. (one)