Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 25 Oktober 2017 | 14:23 WIB
  • Selfie Master ala Asus Zenfone 4 Selfie

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama
Selfie Master ala Asus Zenfone 4 Selfie
Photo :
  • Asus
Asus Zenfone 4 Selfie

VIVA – Perusahaan teknologi, Asus, kembali menggelontorkan produk terbarunya, Zenfone 4 Selfie, yang berkapasitas baterai luar biasa dengan fitur swafoto (selfie) yang mumpuni.

VIVA.co.id, Rabu, 25 Oktober 2017, berkesempatan menjajal Zenfone 4 Selfie yang mengandalkan dual kamera di bagian depan. 

Tapi, ada yang bikin iri, yaitu Zenfone 4 Selfie menggunakan talenta artis lokal dipadu dengan Korea Selatan, Tatjana Saphira dan aktor Goblin Goong Yoo.

Saat dibuka pertama kali, kemasan Zenfone 4 Selfie menyertakan baterai dan kabel charger beserta earphone.

Butuh waktu sekitar satu menit lebih untuk menyetting Asus yang 'masih perawan' ini sampai bisa menampilkan layar homepage.

Ketika dalam genggaman, posisinya cukup nyaman karena memiliki dimensi 155,7x75,9 mm dengan ketipisan 0,31 inci. Beratnya pun
masih tergolong bisa dimaklumi untuk ukuran smartphone, 144 gram.

Namun, yang terpenting, adalah layarnya berukuran 5,5 inci dengan 70,6 persen rasio screen-to-body.

Lalu, layar sentuhnya menggunakan teknologi IPS LCD, yang konon katanya bisa responsif meski menggunakan 10 jari secara bersamaan sekali pun.

Dapur pacu Asus Zenfone 4 Selfie menggunakan prosesor Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 berkekuatan Octa-core kecepatan 1,4 GHz
berarsitektur Cortex-A53.

Sistem Nougat

Prosesor ini memang ditujukan untuk smartphone dengan harga terjangkau, namun kekuatannya cukup mumpuni karena didukung chip
grafis Adreno 505.

Kekuatan ini cukup lumayan untuk bisa mendukung kinerja kamera beresolusi sampai 21 MP. Tidak heran jika Zenfone 4 Selfie berani mengusung kamera depan beresolusi 20 MP, yang dilengkapi aperture atau bukaan diafragma F/2.0.

Satu kamera lagi yang berdampingan di depan layar memiliki resolusi 8MP mengadopsi wide angle sampai 120 derajat. Sedangkan, kamera belakangnya beresolusi 16MP memiliki fitur PDAF dengan aperture f/2.0. 

Prosesor Qualcomm itu ternyata juga mengusung Quick Charge versi 3.0 yang diklaim mampu mengisi daya baterai selama satu jam mencapai 80 persen.

Untuk penyimpanan data dan file, Zenfone 4 Selfie memiliki RAM 4GB dengan memori internal 64GB. Masih ada slot microSD jika dirasa masih kurang.

Asus, yang menggunakan sistem operasi Android 7 atau Nougat yang dikostumisasi menjadi Zen UI 4.0, juga mengurangi jumlah aplikasi yang ada di layar depan Zenfone 4 Selfie.

Dari awalnya 35 aplikasi di seri yang sudah-sudah, sekarang di Zenfone 4 Selfie hanya 12. Jadi terlihat lebih bersih.

Selfie Master

Tak hanya itu, Asus sepertinya berupaya all-out untuk memenuhi semua kebutuhan para selfie-mania.

Dual kamera, resolusi 20 MP dan tambahan 8MP, merupakan salah satu hal yang disediakan Asus dengan harapan bisa menghasilkan jepretan yang berkualitas.

Dual camera juga bisa digunakan untuk menciptakan efek bokeh melalui manipulasi digital yang canggih.

Ditambah lagi lensa wide angle yang bisa memasukkan semua wajah dalam satu frame yang menggunakan portrait mode untuk hasil selfie yang ciamik.

Masih ada lagi. Asus menyediakan aplikasi bawaan di ponsel bernama Selfie Master. Aplikasi ini menyediakan semua hal untuk berfoto maupun video, termasuk proses editing foto maupun video.

Tentu saja, ditambah fitur Beauty Live yang bisa 'mendandani' wajah kita sebelum siap melakukan live streaming.

Kamera Zenfone 4 Selfie juga bisa merekam video resolusi HD dengan kecepatan 30 frame per seconds (fps).

Seperti halnya kamera bawaan di smartphone lain, Zenfone 4 Selfie juga punya beberapa mode pemotretan, seperti Beauty, yang bisa membuat pipi lebih merona, Super Revolution, Panorama, Auto, Pro, Gif Animation, dan Time Lapse.

Asus Zenfone 4 Selfie dual camera ini dilepas dengan harga Rp3 jutaan.