Berbagi Earphone = Berbagi Bakteri

VIVAnews -- Betapa intimnya kita, bila bisa berbagi earphone dengan orang lain pada satu iPod.

Begitu kata bos Apple, Steve Jobs saat menampik kemampuan sharing pemutar musik besutan Microsoft, Zune. Namun ternyata tangkisan Jobs tadi berbahaya bagi pengguna iPod.

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Pasalnya, penelitian terkini yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Manipal University di India Selatan, mengatakan bahwa penggunaan bersama earphone bisa mempercepat pertumbuhan bakteri di telinga secara signifikan.

Dari hasil penelitian tersebut, penggunaan bersama earphone bisa mentransfer bakteri dari telinga pengguna earphone yang satu, ke pengguna lainnya.

Bakteria yang ditemukan adalah termasuk jenis Staphylococcus, yang bisa menyebabkan bengkak pada telinga dan sakit kuping .

Bakteri berbahaya itu ditemukan pada 92 persen busa earphone yang sering digunakan secara bergantian.

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Sementara pada earphone yang tak pernah atau jarang digunakan secara bergantian hanya ditemukan delapan persen bakteri berbahaya itu.

"Lebih baik tidak berbagi earphone dengan orang lain, atau Anda harus sering membersihkannya," ujar Chiranjay Mukhopadhyay, pemimpin penelitian itu, dikutip dari Sunday Express.

Hasil yang hampir sama ditemukan pada studi yang dipublikasikan oleh journal medis Laryngoscope, yang meneliti headset audio di pesawat  terbang, yang digunakan secara bergantian oleh penumpang.

Ternyata, setelah sejam penggunaan, jumlah perkembangan bakteri pada headset itu meningkat pesat dari 60 micro-organisme menjadi 650 micro-organisme.

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?
Ilustrasi Mobil Patroli Polisi

Viral Jambret Bawa Kabur Mobil Patroli Polisi di Jaksel, Begini Kronologinya

Seorang jambret membawa kabur mobil patroli polisi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis, 28 Maret 2024 dini hari. Aksi jambret ini viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024