Interface Data

Intel Belum Dukung SATA 3

VIVAnews - Dari spesifikasi yang sudah beredar, chipset Intel yang akan datang yang ditujukan untuk prosesor Clarkdale dan Lynnfield alias chipset mainstream generasi kelima tidak mendukung SATA 6Gb/s.

Baik chipset P55 yang akan datang di sekitar kuartal ketiga 2009 dan P57 yang rencananya hadir kuartal pertama 2010 dengan dukungan prosesor 32 nanometer serta Clarksdale, prosesor yang memiliki integrated graphics tidak mendukung SATA 3.

Langkah yang dipilih oleh Intel ini cukup mengejutkan mengingat AMD sendiri sudah menyiapkan chip southbridge SB820 yang mendukung SATA 3 dan akan beredar di awal 2010. Berhubung chipset P55 dan P57 sendiri merupakan solusi chipset tunggal, maka untuk menghadirkan dukungan SATA 3, Intel perlu merilis chipset yang baru.

Lalu, apa pentingnya SATA3? Menurut informasi yang VIVAnews kutip dari Tweaktown, 25 Februari 2009, interface SATA 3 mampu menghadirkan kecepatan transfer data hingga 750MB/s. Jauh lebih cepat dibandingkan dengan SATA 2 yang hanya memiliki kecepatan transfer data maksimal 375MB/s.

SATA3 sendiri dibutuhkan oleh media simpan seperti solid state drive (SSD) yang memiliki kecepatan transfer data tinggi, apalagi ketika drive berbasis chip flash tersebut dipasangkan dalam konfigurasi RAID. Intel tentunya akan memiliki chipset yang mendukung SATA 3. Tetapi tampaknya tidak di kuartal pertama 2010, kecuali jika ada perubahan rencana.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024