Google-NASA Pamer Komputer Super Cepat Dibanding Chip

Komputer kuantum Google-NASA
Sumber :
  • www.venturebeat.com/Jordan Novet

VIVA.co.id - Google menjalin kerja sama dengan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menciptakan sistem komputasi kuantum eksperimental.‎ Kolaborasi keduanya ini telah terbentuk dengan lahirnya D-Wave 2X yang diyakini mampu menampung lalu lintas data kapasitas besar.

Google dan NASA selama dua tahun terakhir melakukan eksperimen untuk memecahkan persoalan kompleks pada lalu lintas data. Sebab, semakin hari lalu lintas data terus meningkat pesat. Sistem komputasi kuantum yang dikembangkan oleh Google dan NASA itu‎ dapat bekerja 100 juta kali lebih cepat dari chip komputer biasanya.

Teleskop Penemu 1.000 Planet Rusak Lagi

Dilansir Venture Beat, Rabu 9 Desember 2015, D-Wave 2X untuk pertama kalinya diperbolehkan dilihat oleh pihak luar.

Teknologi yang berbentuk sebuah kotak hitam besar ‎ini tersimpan rapi di NASA Ames Research Center, tak jauh dengan Mountain View, California, Amerika Serikat.

"Kami sedang membangun sebuah komputer kuantum benar-benar. Jadi, kami mencoba untuk terus mendapatkannya bekerja dan nanti tidak khawatir tentang biaya atau ukuran atau apa pun," ujar John Martini, orang yang mengarah program peranti keras Google dan juga seorang profesor fisika di University of California, Santa Barbara, AS.

Rupak Biswas, wakil direktur Teknologi Eksplorasi NASA, mengatakan, alat tersebut masih dalam tahap penelitian lebih lanjut dan percobaan, sehingga dalam waktu dekat belum dapat dikomersialkan.

"Ini (D-Wave 2X) bukan produk komersial (saat ini). Jika komputasi kuantum ini bekerja, teknologi akan mengubah cara kita melakukan segalanya, hampir. Tidak ada perusahaan yang ketinggalan (soal teknologi)," tutur dia dikutip dari Fortune. (art)

Ilustrasi pekerjaan bidang IT.

Era Digital, Indosat Ajak Siswa Belajar Coding

Digelar kompetisi coding untuk siswa SD hingga SMA

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016