Soal TKDN, Infinix Note 2 Diklaim Dapat Pengecualian

Peluncuran Infinix Hot Note X551
Sumber :
  • Viva.co.id/Agus Tri Haryanto
VIVA.co.id
Ponsel 4G di Bawah Rp1 Juta Diluncurkan
- Meski telah mengumumkan ketersedian Note 2 sebagai smartphone 4G. Namun ternyata Infinix mengaku 'tak perlu' mengikuti aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) pada ponsel pintar terbarunya itu.

Menkominfo: Apple Mau Jualan di Indonesia Harus Bangun R&D

Disampaikan Marketing Manager Infinix Indonesia, Anis Thoha Manshur, pihaknya sudah mendaftarkan Note 2 sebelum kebijakan TKDN tersebut dilahirkan. Maka dari itu, Note 2 merupakan smartphone 4G yang bisa masuk ke Indonesia tanpa melalui TKDN.
Axioo Venge X, Smartphone Lokal 4G dengan RAM 3GB


"Kita sudah mendaftarkan Note 2 jauh hari sebelum TKDN ada. Jadi, Note 2 itu pengecualian‎," ujar Anis ditemui di Kopitiam, Kawasan SCBD, Jakarta, Kamis, 10 Desember 2015.


Diketahui, Juli lalu, pemerintah ‎sepakat bahwa setiap handset 4G yang dipasarkan di Indonesia harus ada unsur komponen lokal. Aturan ini diberlakukan oleh tiga pihak, yaitu Kementerian Kominfo, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian.


Meski demikian, diungkapkan Anis, kalau pihaknya terus mengupayakan untuk memenuhi aturan tersebut. Sebab di mata Infinix, Indonesia merupakan pasar yang menggiurkan. Maka dari itu, Indonesia dijadikan ‎program jangka panjang bagi produsen smartphone asal Hong Kong itu.


Membuktikan keseriusannya, Infinix saat ini mengaku telah 'dilamar' oleh enam manufaktur lokal untuk membantu memproduksi beberapa komponennya di Tanah Air.


"Saat ini ada enam manufaktur yang mengajukan proposal kepada kami. Pokoknya, sekarang kita sedang melakukan penjajakan. Mudah-mudahan dalam waktu ini tercapai kesepakatan," ‎ungkap dia.


Selain itu, Infinix juga tengah membangun service center dan kantornya di Jakarta, tepatnya di Roxy.


"Service center dan kantor akan hadir pada Januari 2016 nanti," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya