Wraith Cooler, 'Senjata' AMD Redam Panas di CPU

Wraith Cooler AMD
Sumber :
  • PC World/AMD

VIVA.co.id - Kebanyakan vendor pendingan CPU masih harus berkutat dengan suara berisi, karena kipas yang berukuran besar. Namun, AMD mencoba memberikan solusi dengan menghadirkan Wraith Cooler.

Pendingin baru itu dijanjikan tidak berisik saat diberi beban maksimal, dan bisa menekan panas lebih baik. Kipas yang berukuran lebih besar dibanding versi sebelumnya itu dibundling dengan penjualan prosesor AMD FX 8370.

Memang luas permukaan heatsink menjadi lebih lebar sekitar 24 persen. Ini agar aliran angin yang masuk bisa lebih banyak sampai 34 persen dan membuat panas prosesor lebih stabil. Wraith Cooler juga bekerja maksimal pada 39dbA, sehingga tidak akan terdengar desingan kipas yang berputar meski perangkat berjalan lama.

Wraith Cooler memiliki ukuran kipas 92 milimeter. Ukuran besar membuat bobotnya naik dibandingkan generasi sebelumnya, dari 125 gram menjadi 455 gram. Sedangkan lebarnya mencapai 17,8 centimeter.

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

Dilansir PC World, Selasa 16 Februari 2015, ukuran tersebut dipercaya tidak akan mengganggu peletakan komponen lain di motherboard, terutama posisi RAM. Bahkan, penggunaan kipas yang lebih besar tidak berhubungan dengan menambah kecepatan prosesor.

"Saat diuji dengan Creative Accelerated milik PCMark 8, panas yang dihasilkan untuk berbagai kepentingan pekerjaan terekam dengan baik. Misalnya, ketika komputer digunakan untuk aktivitas browsing, panas yang terekam terus turun dari 40 derajat celcius menjadi ke 30 derajat celcius," tulis PC World dalam ulasannya.

Menurut review tersebut, video editing dan photo editing membuat panas prosesor sempat menyentuh sekitar 56 derajat celcius. Dengan Wraith Cooler AMD, panasnya bisa dikisaran 36 derajat celcius hingga 50 derajat celcius.

Demikian juga, saat memainkan Fire Strike milik 3DMark. Panas hampir menyentuh 60 derajat celcius untuk combined test dan physics test. Sedangkan pengujian lewat graphics test 1 dan 2, justru ada dikisaran 36 derajat celcius, dan tertinggi 48 derajat celcius.

"Saat digunakan dalam berbagai mode pengujian, suara yang dihasilkan oleh kipas tetap tenang. Hal itu berbeda jauh dengan kipas bawaan sebelumnya yang cukup berisik. Jadi, dengan performa yang oke, seharusnya konsumen tidak perlu lagi membeli kipas pihak ketiga untuk dipasangkan dengan AMD FX-8370," tulis ulasan tersebut. (asp)

Chandrika Chika Ditangkap karena Kasus Narkoba, Netizen: Udah Benar Joget Papi Chulo Aja
Sapphire Nitro Radeon R7 370

Sapphire Nitro Radeon R7 370, Kartu Grafis Memori 4GB

Dibanderol Rp3 jutaan dengan resolusi full HD.

img_title
VIVA.co.id
20 Oktober 2015