Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 6 Juli 2017 | 18:06 WIB
  • Pengguna Internet Indonesia Doyan Akses Video dari Ponsel

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Afra Augesti
Pengguna Internet Indonesia Doyan Akses Video dari Ponsel
Photo :
  • VIVA.co.id/Bimo Fundrika
Riset Ericsson Indonesia mengenai perilaku orang Indonesia dalam mengakses video melalui ponsel pintar.

VIVA.co.id – Riset yang dilakukan oleh Ericsson Indonesia, melalui Ericsson Mobility Report 2017 menunjukkan, pengguna internet di Indonesia dan seluruh dunia mayoritas menghabiskan paket data pada telepon seluler untuk streaming video.

Vice President and Head of Network Product Unit Ericsson Indonesia dan Timor Leste, Ronni Nurmal, memprediksi pengguna data ponsel akan meningkat hingga 70 persen pada 2022.

Menurut dia, konsumsi data pengguna ponsel di seluruh dunia sebesar 8,8 exabytes pada tahun lalu. Sementara itu, pada 2022, total konsumsi data ini diprediksi melonjak hingga 71 exabytes.

"Tahun lalu, 50 persen trafik data berasal dari video. Enam tahun lagi akan meningkat menjadi 75 persen. Selain total konsumsi data yang meningkat tajam pada 2022, rata-rata konsumsi data per orang juga mengalami lonjakan yang sangat signifikan," ujar Ronni di Jakarta, Kamis, 6 Juli 2017.

Ia melanjutkan, rata-rata penggunaan data per user per bulan secara regional dan global pada tahun lalu masing-masing sebesar 1,8GB dan 2,1GB. 

Diprediksi, keduanya bakal meningkat tajam hingga 12GB per user per bulan pada 2022. "Hal ini karena 75 persen trafik data didominasi dari konsumsi video. Terlebih, semakin banyak penggunaan ponsel pintar turut mendorong percepatan kenaikan trafik data," paparnya.

Dengan demikian, hingga akhir 2017, Ronni menyebut akan ada sekitar 50 persen, dari keseluruhan pelanggan seluler, yang terhubung dengan ponsel pintar. Selanjutnya pada 2022 jumlahnya ikut terdongkrak menjadi 80 persen.